Zona Berita

Dari Pegunungan, Masyarakat Ilaga Papua Siap Rayakan HUT ke-70 RI

Suasana gladi bersih 17an di Ilaga (16/8/2015)

Suasana gladi bersih 17an di Tolikara, Ilaga (16/8/2015)

Ilaga-ZONADAMAI.COM: Penduduk Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, sudah sejak beberapa hari lalu menyambut perayaan HUT RI ke-70. Meski berada di wilayah pedalaman, masyarakat bersama jajaran Muspida dan kesatuannya terlihat semangat menyiapkan peringatan kemerdekaan Indonesia.

Jelang satu hari HUT RI, Minggu (16/8/2015), Pemkab Puncak dan masyarakat menggelar gladi bersih upacara peringatan 17 Agustus di Lapangan Trikora, Ilaga. Pelaksanaan berlangsung cukup khidmat.

Paskibra yang sudah berlatih sejak satu bulan lalu tak kalah dengan pasukan pengibar bendera di Istana Negara. Meski angin bertiup kencang, gladi bersih pengibaran bendera berlangsung dengan lancar.

Anak-anak sekolah di Ilaga yang menjadi paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan lantang. Pemandangan yang menarik di daerah sini adalah, pengibaran bendera tampak indah dengan latar belakang bukit-bukit yang mengelilingi ibukota Kab. Puncak ini.

Banyak warga lokal yang datang untuk menonton, bahkan ada yang dari kampung-kampung di atas pegunungan. Panitia gabungan dari personel TNI/Polri dengan sabar membimbing peserta upacara dan unsur yang terlibat.

“Seru dan ramai. Bapak-bapak baik semua. Ajarkan kami,” ucap salah seorang siswa SMPN 1 Ilaga yang menjadi paduan suara, Ates Alom.

Gladi bersih dihadiri langsung oleh Bupati Puncak Willem Wandik beserta jajaran Muspida lainnya. Tampak pula personel TNI dibantu warga menyiapkan hadiah-hadiah untuk lomba panjat pinang yang akan digelar esok hari usai upacara.

Berada di daerah kecil, suasana persaudaraan sungguh terasa di Ilaga. Baik Bupati, personel TNI/Polri tampak saling mengenal dengan warga. Termasuk para guru bantuan dan juga mahasiswa yang tengah melakukan KKN di Ilaga.

Senyum, sapa, dan salam selalu terlihat. Bahkan beberapa unsur tersebut terlibat dalam tari daerah yang akan ditampilkan esok. Tawa terdengar kala mereka melakukan latihan terakhir usai gladi bersih. Dengan segala keterbatasannya, Merah Putih pun siap berkibar di tanah Papua. [detik.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s