Zona Berita

Jelang HUT ke-70 RI, Gubernur Papua Gelar Pasar Murah di Perbatasan

pasar murah di perbatasan

JAYAPURA – ZONADAMAI.COM: Dalam Rangka Bulan Bakti Karantina Pertanian ke 138 tahun dan perayaan HUT RI  ke 70 tahun 2015, Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura menggelar pasar murah. Selain itu diadakan donor darah, senam aerobik, pameran, jalan sehat dan kesenian dengan melibatkan anggota TNI dan Polri yang bertugas di daerah perbatasan RI-PNG di Skouw Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Selasa (11/8/2015).

Kegiatan yang terpusat di lapangan samping Pos TNI perbatasan dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Papua, Elia Loupatty mewakili Gubernur Papua.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Zusana Wanggai, Perwakilan dari Komjen PNG untuk Indonesia di Jayapura, Kepala Bidang Kepatuhan Badan Karantina Pertanian Kemerian Pertanian RI, Ir Jony Anwar, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura drh. L.M.Mastari, MM beserta staf dan masyarakat.

Gubernur Papua dalam sambutan yang disampaikan Elia Loupatty mengatakan peran karantina pertanian guna mencegah masuknya hama, pathogen penyakit dan organisme pengganggu dari luar negeri.

“Balai karantina pertanian juga diharuskan berperan mengawasi lalu lintas perdagangan flora dan fauna atas dasar kesepatakan Convention on International Trade in Endanger species of wild Fauna and Flora (CITES) melindungi kesehatan masyarakat atas ketentuan keamanan pangan dan sanitaryand phytosanitay (SPS),” katanya.

Selain itu guna melindungi sumber daya hayati dan lingkungan hidup atas dasar agenda XXI KTT Bumi di Rio de Janeiro, Brasil Tahun 1992.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kinerja kelembagaan karantina perlu dilakukan langkah- langkah strategis. Demikian pula upaya memberikan pelayanan prima karantina pertanian kepada masyarakat perlu ditempuh dengan langkah nyata seperti peningkatan kompetensi dan prestasi kerja.

Louapatty juga harapkan kepada karantian pertanian untuk selalu pro aktif untuk melaksanakan tugas yang baik menjaga dan melindungi flora dan fauna yang ada di Tanah Papua yang kita cintai ini.

Pada kesempatan itu, Loupatty juga himbau  kepada TNI dan Polri serta masyarakat yang ada di perbatasan untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban yang sudah berjalan baik dan aman selama ini.

“Daerah perbatasan kita selama ini aman, itu menandakan persahabatan antar dua negara (Indonesia-PNG) hidup aman dan tentram serta saling menghormati, mari kita jaga hubungan yang baik ini kedepan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Balai Karantian Pertanian Kelas I Jayapura drh. L.M.Mastari, MM, kepada wartawan mengatakan Bulan Bakti Karantina Pertanian seyogyanya sudah dilaksanakan pada Juni sampai Juli kemarin, tetapi kita di Jayapura baru dilaksanakan sekaligus di rangkaikan dengan HUT RI ke 70 tahun 2015.

Dalam kegiatan ini, kata Mastari, pasar murah melibatkan Bulog Papua, Hypermart dan para pengusaha, dan juga melakukan pameran kerjasama dengan BNN Papua, PMI Kota Jayapura, Imigrasi Jayapura dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. [rri.co.id]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s