Zona Humaniora

Relawan Guru ‘Sobat Bumi’ Kembali dari Papua

Pertamina-Foundation
ZONADAMAI.COM — PT Pertamina (Persero) menyambut kembali 20 Relawan Guru ‘Sobat Bumi’ Angkatan II yang baru saja menyelesaikan tugas menjalankan misi pendidikan di Kabupaten Keerom, Merauke dan Raja Ampat, Provinsi Papua. Program mengajar selama 11 bulan itu dijalankan dengan mengusung misi ‘Menggugah Kecerdasan Indonesia Timur’.
Para Relawan Guru ‘Sobat Bumi’ mengatakan bahwa program ini dapat menginspirasi masyarakat Indonesia agar semakin peduli terhadap pendidikan di Indonesia.
“Saya tidak pernah dapat meramal bila saya akhirnya mengalami kehidupan yang penuh syukur di Bumi Cendrawasih Papua. Bahwa perjalananku selama 11 bulan di sana dan keputusanku untuk menjadi Relawan Guru Spbat Bumi telah digariskan oleh Tuhan, mendengarkan niat saya dan Pertamina Foundation yang sama, yaitu untuk menepati janji pada Ibu Pertiwi, mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata salah satu Relawan Guru sobat Bumi, Bagus Dwi Minarno, Senin (15/6/2015).
Program Relawan Guru Sobat Bumi ini dilaksanakan melalui Divisi Pendidikan Pertamina Foundation. Program ini bertujuan memberikan pelayanan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) agar putera-puteri Indonesia Timur dapat merasakan pendidikan yang lebih baik.
Program ini dimulai tahun 2013 dengan dipilihnya 12 Relawan Guru Sobat bumi angkatan I dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan dikirim ke Kabupaten Keerom. Sementara relawan angkatan II dikirim bulan Agustus 2014, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Provinsi Papua dan Papua Barat. Mereka disebar ke lebih banyak kabupaten, yaitu Kabupaten Keerom, Merauke dan Raja Ampat. Relawan angkatan II ini adalah mahasiswa-mahasiswi dari Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Negeri Semarang.
Ikhsan Ansori, Relawan Guru Sobat Bumi Pertamina Foundation mengajar anak-anak di SD YPPK (Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik) Santo Lukas, Kampung Kolam, Distrik Muting, Merauke, Sabtu (6/2/2015).

Ikhsan Ansori, Relawan Guru Sobat Bumi Pertamina Foundation mengajar anak-anak di SD YPPK (Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik) Santo Lukas, Kampung Kolam, Distrik Muting, Merauke, Sabtu (6/2/2015).

Awal Juni 2015, masa tugas Relawan Angkatan II berakhir dan Pertamina Foundation mengadakan acara penyambutam kembali di mana setiap relawan berbagi kisah mereka selama mengabdi di Papua. Penyambutan RGSB angkatan II oleh Pertamina Foundation merupakan kegiatan tahunan dari Direktorat Pendidikan Pertamina Foundation.
Menurut CSR Manager, Agus Mashud mengatakan, Pertamina sangat bangga dapat menyambut kembali ke-20 Relawan Guru Sobat Bumi Angkatan II.
“Kami yakin pengalaman dan kisah mereka akan menginspirasi generasi muda bangsa ini untuk turut peduli dan berbuat demi kemajuan pendidikan Indonesia khususnya di daerah terdepan, terluar, tertinggal. Kami juga sangat mengapresiasi para mitra, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Universitas Negeri Jakarta dan Universitas negeri Semarang atas kerjasamanya yang baik demi terselenggaranya program ini,” ujar Agus. [www.tambang.co.id]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s