Zona Berita

Presiden Jokowi: Studi kelayakan Kereta Api Papua sedang berjalan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Pasar dan Terminal Pharaa, Sentani, Jayapura, Papua, Sabtu (9/5). Presiden juga menyampaikan rencana proyek Kereta Api di Papua. (ANTARA)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Pasar dan Terminal Pharaa, Sentani, Jayapura, Papua, Sabtu (9/5). Presiden juga menyampaikan rencana proyek Kereta Api di Papua. (ANTARA)

Jayapura – ZONADAMAI.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, realisasi pembangunan rel kereta api (KA) di Provinsi Papua sedang memasuki tahapan studi kelayakan (feasibility study/FS) dan selesai paling lambat September 2015.

“Masih proses FS, kita harapkan nanti Agustus-September sudah selesai,” ujarnya, di Jayapura, Sabtu (9/5/.2015).

Mengingat pentingnya pembangunan proyek KA di Papua, Presiden Papua mengemukakan, maka tahapan selanjutnya harus segera dimulai.

“Kalau bisa setelah itu lapangannya di cek, sehingga tahun ini diharapkan bisa dimulai,” demikian Presiden Jokowi.

Kepala Badan Percepatan Pembangunan Provinsi Papua, Omah Laduani Ladamay, sebelumnya menjelaskan bahwa akhir 2015 pihaknya bersama pemerintah pusat akan mulai melakukan kajian terhadap rencana tersebut, dan proses pembangunannya bisa dilakukan pada 2017.

“Kami berharap peletakan batu pertama atau ground breaking dapat dilaksanakan pada 2017, setelah tahun 2015 ini dilakukan studi kelayakan,” katanya.

Pembangunan rel KA Papua, dikemukakannya, bisa membuka akses daerah-daerah yang selama ini terisolir atau minim tersentuh pembangunan.

Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan, pihaknya berkeingin pembangunan rel KA bisa dimulai dari Kota Jayapura, sementara pemerintah pusat sudah merencanakan untuk jalur Sorong-Manokwari-Nabire-Sarmi-Jayapura. [ANTARA News]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s