Zona Hukum

200-an Demonstran Papua Sudah Dibebaskan

Peristiwa 1 Mei dirayakan sebagai Hari Integrasi Papua ke dalam NKRI, namun oleh kelomok KNPB diperingati sebagai hari aneksasi

Peristiwa 1 Mei dirayakan sebagai Hari Integrasi Papua ke dalam NKRI, namun oleh kelomok KNPB diperingati sebagai hari aneksasi

ZONADAMAI.COM  – Ratusan anak muda dan mahasiswa anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ditangkap aparat keamanan Papua, pada 30 April dan 1 Mei 2015. Mereka ditangkap ketika tengah berunjuk rasa di Jayapura, Nabire, Merauke, Manokwari dan Kaimana. Mereka sudah dibebaskan secara bertahap.

“Penangkapan dilakukan oleh Brimob dan Tim Khusus Polda Papua dan Papua Barat ketika para pelaku aksi sedang menyebarkan selebaran sosialisasi rencana aksi,” ujar Zelly Arian, penggerak “Gerakan Solidaritas Papua Itu Kita” dalam press release, Senin 4 Mei 2015.


Sejak lama, kata Zelly, masyarakat Papua memperingati 1 Mei secara damai. 1 Mei 1963 adalah peristiwa Papua kembali bergabung ke Indonesia yang diserahkan oleh UNTEA (United Nations temporary Executive Authority) PBB.

Menurut Zelly, respon pemerintah serta aparat keamanan dengan cara menangkap dan menahan para pengunjuk rasa menunjukkan bahwa sikap paranoid dan represif pemerintah belum berubah.

Pantauan “Gerakan Solidaritas Papua Itu Kita” mencatat pembungkaman hak menyatakan pendapat dan nihilnya ruang demokrasi di Papua sudah 10 tahun terjadi. Penangkapan dalam kurun dua hari itu, dikatakan Zelly sistematis dan meluas.

“Ini ditunjukkan dengan pengerahan sumberdaya kepolisian yang besar, terjadi di lima kota di Papua di dua wilayah Polda yang berbeda, dan dilakukan secara serentak,” ujarnya.

Atas dasar hal itu, kata Zelly, gerakan solidaritas Papua Itu Kita mendesak Presiden Joko Widodo untuk memperhatikan aksi pembungkaman terhadap pendapat dan ekspresi warga Papua oleh aparat penegak hukum. [*]
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s