Zona Ekonomi

Pembangunan Pasar Mama Papua Libatkan Tim Pokja Papua

Foto: dok. zonadamai.com

Foto: dok. zonadamai.com

JAYAPURA – ZONADAMAI.COM: Kepala bidang Cipta Karya dan Air Bersih Dinas PU Papua, Yan Ukago mengatakan untuk pembangunan pasar mama-mama Papua akan libatkan Tim Pokja Papua. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Hal ini merupakan kebijakan langsung dari Joko Widodo yang terungkap dalam kampanyenya tahun lalu di Jayapura, Papua,” kata Yan Ukago kepada wartawan, di Jayapura, Senin (13/4/2015).

Mengenai desain, ujar Ukago, pihaknya masih memakai desain lama dan diharapkan dalam tahun ini tahapan pembangunan pasar mama-mama Papua sudah bisa dilakukan, karena Presiden berharap tahun ini pembangunannya rampung.

“Saya dengan pak kadis sudah kesana, begitu juga dengan konsultan dari BUMN jadi mereka laksanakan pasar mama-mama ini sekalian juga dengan pengerjaan pasar pharaa Sentani,” ucapnya.

Menyinggung soal anggaran, jelas Ukago, pihaknya belum mengetahui pasti besaran anggaran untuk pembangunan pasar, karena dianggarkan langsung dari pusat, sementara pihak PU hanya ditugaskan untuk menyiapkan lahan sementara untuk lokasi bus-bus Damri.

“Kalau waktu lalu memang kami sempat anggarkan, karena soal masalah lahan makanya sudah kembali ke kas daerah. Jadi menurut pak kadis kemarin tugas pemerintah daerah kami hanya menyiapkan lahan untuk Damri ini sementara bisa berkantor,” katanya.

Menurut ia, lokasi bus Damri sudah harus pindah, untuk itu pihaknya sudah melakukan pertemuan terkait lokasi sementara Damri, dan sesuai petunjuk kepala dinas PU Papua lahan bengkel induk PU Papua yang berlokasi di Pasir II akan dijadikan lokasi sementara full parkir

“Di pasir II itu ada lahanya PU dan bisa dijadikan lokasi sementara full parkir bus damri sekalian untuk tempat mengganti oli, sebagian lahan di terminal mesran pun akan digunakan,” kata Ukago.

Sebelumnya. DPR Papua akan membentuk tiga Panitia Khusus (Pansus). Salah satu Pansus yang akan dibentuk yakni Pansus pasar mama mama Papua.

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Papua, Emus Gwijangge mengatakan, Pansus itu akan berjuang dan mendorong terwujudnya pembangunan pasar permanen untuk mama mama pedagang asli Papua. [tabloidjubi.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s