Zona Berita

Apa Yang Kau Cari Wahai Saudaraku Di Papua

ilustrasi: harianterbit.com

ilustrasi: harianterbit.com


Oleh :  
Fathnan Harun 


ZONADAMAI.COM – Pulau Papua merupakan pulau terbesar di Indonesia, memiliki luas area sekitar 421.981 kilometer persegi dengan jumlah populasi penduduk sekitar 3.592.236 jiwa, terdiri dari 2.831.381 jiwa di Papua dan 760.855 jiwa di Papua Barat. Papua terdiri dari dua provinsi, yaitu Provinsi Papua dan Papua Barat.

Ada 42 kabupaten / kota. Baik gubernur, walikota dan bupati semuanya orang Papua Asli. Jalur penerbangan menuju Papua sangat lancar, dapat menggunakan Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air dan lain-lain, termasuk jalur yang relatif padat. Jika diperhatikan dinamika pembangunannya cukup menggembirakan.

Dari ibukota provinsi ke kabupaten/ kota dan antar kota dan kabupaten sudah dapat terhubung, meskipun masih ada yang harus melalui udara. Persentase penduduk miskin di Provinsi Papua dan Papua Barat menurun dari tahun ke tahun. Pada tahun 2007 persentase penduduk miskin di Papua adalah 40,78%, turun menjadi 31,11 pada tahun 2012.

Di Papua Barat, persentase penduduk miskin sebesar 39,31%, turun menjadi 28,20 % di tahun 2012. Kehidupan demokrasi Provinsi Papua dan Papua Barat adalah 59.05 dan 61.78, lebih baik dibanding Jawa Timur, Aceh, NTB dan Sulawesi Tenggara, meskipun angka tersebut di bawah angka Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) nasional yaitu 65.48. Papua dan Papua Barat terus mengejar ketertinggalannya dari provinsi lain di Indonesia. Artinya hak-hak dan kehidupan masyarakat di Papua berjalan dengan baik seperti di daerah-daerah lain di Indonesia.

Gangguan keamanan terjadi sesekali di daerah-daerah tertentu, dilakukan oleh segelintir orang yang yang tergabung dalam Organisasi Papua Merdeka (OPM), menuntut kemerdekaan Papua terpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebenarnya apa yang mereka cari dan apa yang mereka perjuangkan. Pemerintah Indonesia sudah memberikan segalanya. Mereka sering berteriak tentang adanya pelanggaran HAM di Indonesia. Apa benar ?. Semua orang diciptakan sama, dikaruniai oleh Tuhan hak hidup, hak kebebasan dan hak mengejar kebahagiaan. Demikian kata Thomas Jefferson Presiden Amerika Serikat. Kalau saja mereka berbesar hati mau kembali ke pangkuan Indonesia, sudah dapat dipastikan mereka akan memperoleh hak-hak mereka.

Itulah sebenarnya yang dinamakan kemerdekaan yang hakiki. Apalah artinya bersusah payah, berjuang membentuk Negara (state) terpisah dari NKRI, namun jika kehidupan nantinya tidak terpenuhi hak-hak yang paling mendasar. Berada dalam NKRI sangat diberikan kebebasan, baik dari segi politik, ekonomi, sosial dan lain-lain. Bukankah hal itu yang paling penting wahai saudara-saudaraku di Papua.

Mari kita bangun bersama Papua dalam Indonesia. Kesejahteraan dan kebahagiaan adalah tujuan utama. [harianterbit.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s