Zona Politik

Tiga Kabupaten di Papua Belum Lantik DPRD

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Orwan Tolly Wonne (Jubi)

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Orwan Tolly Wonne (Jubi)

Jayapura – ZONADAMAI.COM:  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih  hasil Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Intan Jaya, Yahukimo, dan Mimika hingga kini belum dapat dilantik, karena masih ada beberapa persoalan yang belum terselesaikan.

“Kalau semakin lama, akan memperkeruh suasana. Kami  tak mau ada konflik di masyarakat”

“Ini semua hanya masalah interen di kabupaten masing-masing, baik di kepala daerah maupun KPUD tapi yang jelas kami terima berkas yang di usulkan para bupati itu berkas yang tidak bermasalah dan semua sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen di Jayapura, beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum, dan HAM, Orwan Tolly Wonne mendesak pemerintah tiga kabupaten tersebut segera mempercepat pengesahan para legislator di daerah mereka.

“Jangan sampai terjadi hal-hal tak diinginkan. Ini rawan gesekan di masyarakat. Saya minta kepada pemerintah kabupaten itu, mempercepat prosesnya. Pemkab dan pihak terkait lainnya harus tundak pada putusan MK lalu. Sengketa Pileg sudah selesai, saatnya membangun daerah, agar roda pemerintahan dan pembangunan berjalan maksimal,” kata Tolly.

Katanya, pihaknya bersyukur, tujuh dari 10 kabupaten yang pelantikan anggota DPRD nya sempat molor, kini sudah tak ada masalah lagi. Termasuk Kabupaten Tolikara.  Meski itu wilayah rawan, namun pelantikan berjalan aman dan terkendali.

Dikatakan, semua itu tergantung pimpinan di daerah. Jika tak serius, akan menciptakan situasi tak kondusif di masyarakat. Pihaknya juga berterimakasih kepada para bupati, KPUD, dan Panwasalu di daerah, yang sudah berkomitmen melakukan pelantikan.

“Jadi kami harap yang tiga kabupaten itu juga DPRD nya segera dilantik.  Kalau semakin lama, akan memperkeruh suasana. Kami  tak mau ada konflik di masyarakat,” katanya. [*]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s