Zona Hukum

Penjual Amunisi ke OPM Diancam Hukuman Seumur Hidup

 

AMUNISI-TNI

JAYAPURAZONADAMAI.COM: Oknum anggota TNI yang menjual amunusi ke Organisasi Papua Merdeka (OPM) terancam hukuman seumur hidup atau penjara  20 tahun. Tiga tersangka didakwa melanggar Undang-undang Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951 mengenai kepemilikan senjata api dan amunisi.

Ketiga terdakwa disidang terpisah di Mahkamah Militer Jayapura, Senin 2 Maret. Para terdakwa masing-masing Sersan Dua Arsyad Wahab (Babinsa Koramil Kurima), Sersan Dua Martinus Jikwa (Babinsa di Koramil Lanny Jaya), dan Prajurit Satu Darius Kogoya (Batalyon 756 Wamena).

Panitera Kapten Hermizal menyebutkan, akibat tindakan terdakwa yang menjual amunisi  banyak korban yang meninggal setelah diserang tembakan anggota Organisasi Papua Merdeka, Purom Wenda dan Enden Wanimbo.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terungkapnya keterlibatan ketiga tersangka dalam aksi jual-beli amunisi dengan kelompok OPM bermula dari tertertangkapnya Rambo Wonda, Rambo Tolikara dan beberapa rekannya bersama seorang oknum Polisi, Briptu Tanggam Jikwa, pada tanggal 26 Oktober  2014 lalu di Hotel Boulevar, Wamena. Setelah dikembangkan ternyata ada tiga anggota TNI yang dicurigai ikut mem-back up pasokan amunisi ke kelompok Rambo Wonda tersebut.

Hal itu menimbulkan kemarahan para petinggi Kodam Cendrawasih, Jayapura. Dengan nada marah Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel (Inf) Rikas Hidayatullah mengatakan bahwa Amunisi di tangan kelompok OPM, dikemudian hari akan memakan korban yang bisa saja rekan mereka di kesatuan TNI sendiri. Ini ibaratnya jeruk makan jeruk. Atau pembunuh potensi dalam kesatuan.

“Kami imbau, semua anggota TNI harus benar-benar setia pada NKRI. Jangan pakai seragam TNI, didik sebagai prajurit tapi di belakang sebagai pengkhianat,” tegas Rikas kala itu. [dari berbagai sumber]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s