Zona Berita

Jokowi: Pemerintah Sangat Serius Berantas Pencurian Ikan

Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali melakukan penenggelaman dua unit kapal asing berbendera Papua Nugini yaitu KM Century 4/PNG-051 dan KM Century 7/PNG-069 di perairan Ambon, Minggu, (21/12/2014). Kedua kapal ini ditangkap pada 7 Desember 2014 di sekitar perairan Maluku karena terbukti bersalah melakukan pelanggaran berupa penangkapan ikan di wilayah Indonesia tanpa izin atau tidak memiliki dokumen yang dikeluarkan pemerintah Indonesia. (PUSPEN TNI)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan penenggelaman dua unit kapal asing berbendera Papua Nugini  di perairan Ambon, Minggu, (21/12/2014). Kedua kapal ini ditangkap pada 7 Desember 2014 di sekitar perairan Maluku karena terbukti bersalah melakukan pelanggaran berupa penangkapan ikan di wilayah Indonesia tanpa izin atau tidak memiliki dokumen yang dikeluarkan pemerintah Indonesia. (PUSPEN TNI)

JAKARTA – ZONADAMAI.COM: Presiden Joko Widodo kembali menegaskan pihaknya sangat serius memberantas penangkapan ikan ilegal atau pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia oleh kapal-kapal asing.

Pemberantasan pencurian ikan dengan cara tenggelamkan kapal-kapal ilegal ini membuahkan hasil. Joko Widodo mengatakan aksi penurian ikan belakangan ini jumlahnya mulai berkurang.

“Sekarang setelah ditenggelamkan seperti ini, baru semua orang berfikir kita serius, yang nyuri-nyuri juga berhenti karena mereka tau kita serius. Dua minggu lalu kita juga tenggelamkan,” ujar pria yang sapaan akrabnya Jokowi ini di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Jokowi kembali menjelaskan, pemberantasan pencurian ikan ini dilakukan bukan tanpa adanya data. Ia mengatakan sekitar 7.000 kapal, hampir 90 persennya adalah kapal ilegal. Akibatnya, dalam setahun Indonesia kehilangan Rp300 triliun karena pencurian ikan tersebut.

“Nyuri ikan-ikan kita baik di perairan Papua, Maluku, NTT, Sulawesi sebelah utara Belitung, dan lain-lain. Tiap hari curi setahun kita kehilangan 300 triliun hilang gara-gara ikan kita dicuri,” kata Jokowi. [Tribunnews]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s