Zona Berita

Ini Masalah yang Dirasakan Bupati di Sulawesi dan Papua

foto: setgab.go.id

foto: setgab.go.id

Bogor – ZONADAMAI.COM:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengumpulkan bupati-bupati se-Indonesia di Istana Bogor. Dalam pertemuan tersebut, Bupati dari Pulau Sulawesi dan Papua menceritakan masalah, yang menjadi kendala di Indonesia Timur.

“Karakteristiknya beda, Papua dan Sulawesi. Secara umum yang disampaikan kepada bapak presiden memang masalah infrastruktur, kemudian masalah energi, kelangkaan listrik, ketiga tumpang tindih perizinan. Selama ini kenapa listrik macet? karena lahan kehutanan dan sebagainya,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selepas pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Kamis (29/1/2015).

Tjahjo menyebut transportasi laut dikeluhkan beberapa bupati asal Papua dan bupati yang berasal dari daerah kepulauan di Sulawesi. Kendala ini menjadi hambatan bagi pemeretaan pembangunan di wilayah timur Indonesia. “Percepatan pembangunan gagal, karena faktor itu. Tahap ini sudah dicanangkan dulu,” tambahnya.

Jokowi telah berjanji akan mempercepat pemerataan pembangunan di daerah. Salah satu cara, lanjut dia, dengan berencana membangun pabrik semen di Papua. Pabrik-pabrik milik negara akan dibangun di dua pulau itu, Sulawesi dan Papua.

Namun, lanjut dia, kontraktor untuk pembangunan pabrik tak boleh dari Jakarta. Hal ini penting untuk menjaga ekonomi di bawah tetap menggeliat. “Supaya ekonomi di bawah menggeliat, carilah kontraktor yang mampu. Kalau kecil ya bangun konsorsium, sehingga perputaran itu bisa tumbuh di daerah. Itu sepakat tadi. Termasuk wilayah perbatasan,” tandas Tjahjo.[metrotvnews.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s