Zona Berita

OPM Bisa Ikut Caleg

ilustrasi: flicker.com

ilustrasi: flicker.com

JAYAPURA – ZONADAMAI.COM: Komisi I DPR Papua meminta kepada kelompok yang berseberangan dengan NKRI atau yang disebut selama OPM, untuk sama-sama berjuang menyampaikan aspirasi rakyat melalui 14 kursi yang diamanatkan dalam Undang-undang Otsus tahun 2001.

“14 Kursi sudah mengamanatkan bagi Orang Asli Papua (OAP) untuk harus diangkat menjadi anggota DPR Papua, sehingga siapapun orang asli Papua bisa bertaruh dalam pengangkatan 14 kursi,” ungkap Anggota Komisi I DPR Papua, Tan We Long kepada Bintang Papua beberapa waktu lalu.

Menurut Tan We Long, dalam pengangkatan 14 kursi bagi orang asli Papua ini, diharapkan kepada seluruh stakeholder, khususnya yang berkaitan tentang adat untuk bisa mengakomodir kelompok yang berseberangan dengan NKRI, yang berjuang di gunung maupun kepada pemerintah pusat.

“Kehadiran mereka di kursi legislatif bisa menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah daerah maupun kepada pemerintah pusat. Perjuangan mereka selama ini hanya karena ekonomi atau apapun, sehingga ketika duduk di 14 kursi melalui pengangkat 14 kursi dapat dijawab pemerintah,” katanya kata Tan Long.

Ia memberikan contoh, daerah Aceh yang kerap berseberangan dengan Pemerintah Indonesia melalui organisasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan kini mereka sudah menjadi Wakil Gubernur dan Gubernur di Aceh.
“Kenapa GAM bisa duduk  di Pemerintahan untuk membangun daerah, kenapa organisasi OPM di Papua tidak bisa. Jadi, melalui 14 kursi inilah mereka bisa memperjuangkan hak-hak rakyat Papua untuk bersama-sama membangun daerah ini demi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Dasar itulah, pihaknya memberikan suatu pemahaman politik untuk harus melindungi mereka untuk memberikan tempat, sehingga diminta untuk menyampaikan secara bersama-sama tentang aspirasi masyarakat di tanah Papua. [www.bintangpapua.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s