Zona Berita

Pilkada Serentak di Papua Berpotensi Ricuh

pilkada papua

*) Aparat Keamanan Minim

Jayapura – ZONADAMAI.COM: Pelaksanaan pilkada serentak di Provinsi Papua berpotensi menimbulkan kericuhan, apabila tak didukung jumlah aparat keamanan yang memadai. Berdasarkan pengalaman pemilu di 29 kabupaten/kota di Papua, sebagian besar berakhir ricuh dan menimbulkan konflik.

Kekhawatiran tersebut disampaikan Ketua Fraksi Komisi C DPR Papua, Carolus Boly dan anggota Komisi II DPR asal Papua, Komarudin Watubun saat dihubungi SP, Rabu (21/1), menanggapi pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota (Perppu Pilkada) menjadi undang-undang oleh DPR. Undang-undang tersebut, antara lain mengatur pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Carolus berpendapat pilkada serentak berpotensi menimbulkan konflik jika tidak diatur dengan baik. “Dari sisi lapangan, tidaklah terlalu signifikan, karena pilkada langsung bukan hal baru bagi masyarakat di Papua. Hanya saja, perlu kerja keras dan kerja sama semua pihak untuk menjaga agar pilkada berlangsung aman, tanpa konflik yang berujung pada jatuhnya korban jiwa di Papua,” ujar Carolus.

Setelah disahkan menjadi undang-undang, lanjutnya, parpol, penyelenggara pemilu, dan aparat keamanan harus mempersiapkan diri dengan baik agar pilkada berlangsung aman.

Komarudin mempertanyakan kesiapan aparat keamanan yang jumlahnya minim untuk mengamankan pilkada serentak di 29 kabupaten/kota. “Bila di satu atau dua wilayah terjadi keributan, bagaimana memobilisasi aparat keamanan, mengingat wilayah Papua yang sangat luas?” tanyanya.

Persoalan lainnya adalah pascapilkada, banyak komisioner KPU di Papua dipecat dan sampai saat ini belum ada penggantinya. “Soal komisioner ini juga bermasalah. Lalu, bagaimana sosialisasi dilapangan? Hal ini harus dipikirkan, termasuk masalah keamanan,” tegasnya. [suarapembaruan.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s