Zona Berita

Pengamanan Pesisir Jadi Prioritas Paulus Waterpauw

Kapolda Papua Barat, Paulus Waterpauw (kiri) yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua, saat melakukan serah terima jabatan di Mapolda Papua pada 9 Januari 2015 lalu.

Kapolda Papua Barat, Paulus Waterpauw (kiri) yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua, saat melakukan serah terima jabatan di Mapolda Papua pada 9 Januari 2015 lalu.

Jayapura –  ZONADAMAI.COM: Kepolisian Daerah Papua Barat akan memprioritaskan pengamanan daerah pesisir untuk mengantisipasi maraknya aksi penyelundupan lewat laut.

Kapolda Papua Barat, Paulus Waterpauw mengatakan, saat ini polisi telah memetakan sejumlah kabupaten yang dianggap sebagai jalur penyelundupan.  Pihaknya, kata dia, akan membentuk tim khusus dan memperkuat polisi perairan dengan sejumlah fasilitas yang memadai.

“Kita memerlukan sarana dan dukungan yang cukup, itu nanti ada back up dari Pusat yang akan memberikan pelayanan  kami di sekitar pesisir. Kaimana, garis pantai sampai ke Fakfak, Fakfak terus ke Sorong Raya, masuk ke Manokwari dan Bintuni itu, wilayah pesisir yang sangat rentan dan rawan terhadap berbagai kejahatan, penyelundupan-penyeludupan kemudian persoalan illegal yang banyak terjadi. Kita akan coba tangani, bersinergi dengan angkatan laut maupun pemerintah daerah sendiri,” kata Paulus Waterpauw, Kamis (15/1/2015).

Sejumlah polres dan polsek, kata Waterpauw, seperti daerah Kepulauan Raja Ampat dijadikan polsek dan polres khusus. Sebab banyak penyelundupan ikan dan penggunaan bom ikan yang menyebabkan terjadinya kerusakan laut. Jalur tersebut juga sering digunakan sebagai  penyelundupan bahan bakar minyak, senjata api dan amunisi.

Sejak 9 Januari 2015 lalu, Polda Papua Barat resmi memilki kepala kepolisian yang dilantik oleh Kapolri Sutarman. Pembentukan Polda Papua Barat telah diwacanakan sejak lima tahun lalu oleh pemerintah setempat. Namun baru tahun ini terwujud. Walaupun belum memiliki markas komando dan personel lengkap, Polda Papua barat yakin dapat mengurangi angka kriminalitas di daerah tersebut.[www.portalkbr.com]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s