Zona Berita

Jokowi Resmikan Pembangunan Pasar Mama-mama Papua

Presiden Jokowi saat sebelum melakukan acara peletakan batu pertama pasar mama-mama Papua. Foto: tempo.co

Presiden Jokowi saat sebelum melakukan acara peletakan batu pertama pasar mama-mama Papua. Foto: tempo.co

JAYAPURA-ZONADAMAI.COM: Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan pasar mama-mama Papua di Sentani dan Jayapura. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh presiden Indonesia, Joko Widodo di Sentani, Jayapura, Sabtu (27/12/2014) sebelum menggelar Natal Nasional.

Kata Jokowi, peletakan batu pertama tersebut dalam rangka memenuhi janjinya untuk membangun pasar di Sentani dan Jayapura, Papua.

“Janji saya untuk membangun pasar di Sentani dan Jayapura hari ini sudah saya laksanakan dan segera dikerjakan,” ungkapnya.

Ia juga membeberkan alasan dibangunnya pasar mama-mama Papua. Kata Jokowi, pasar merupakan tempat di mana masyarakat terutama mama-mama Papua untuk melakukan transaksi ekonomi.

“Mengapa saya membangun pasar, karena rata rata rakyat kita berjualan di pasar dan rakyat kita bisa mendapatkan reseki dari hasil jualannya,” jelas Jokowi.

Dalam pidatonya pada Natal Nasional, Jokowi mengingatkan kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano agar pasar yang akan dibangun diberikan secara gratis kepada para pedagang yang akan berjualan.

“Tidak ada yang bayar. Kalau nanti minta bayar, tolong dilaporkan kepada Presiden,” ujar Jokowi

Orang nomor satu RI ini mengharapkan agar pasar mama-mama Papua segera dibangun dan selesai pada akhir tahun 2015 agar peresmian pasar sekaligus tahun baru bisa dirayakan bersama masyarakat Papua.

Selain itu, dalam pidato presiden, Jokowi juga menyampaikan rencana pembangunan jembatan holtekamp. “Saya sudah baca proposalnya dan dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan ialah 1,4 Triliun. Saya kalau sudah bicara dan janji harus ditepati, tetapi saya harap pemerintah provinsi Papua dan Walikota membantu saya 500 juta dari APBD Provinsi”.

“Kalau dengan kita bekerja bergandengan tangan bersama rakyat, dengan begitu maka negara semakin berkembang. Tetapi kadangkala yang menjadi problem kebanyakan di Indonesia ialah soal pembebasan lahan, sehingga saya berharap agar Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk dapatĀ  selesaikan persoalan tanah adat itu,” tutur Jokowi.

Dalam pidatonya, presiden juga menyampaikan berbagai persoalan yang sedang dihadapi masyarakat Papua. [Majalah Selangkah]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s