Zona Berita

MENJADIKAN WILAYAH SKOUW OBJEK WISATA

SKOW-wutung

JayapuraZONADAMAI.COM: Pemprov Papua berencana menjadikan daerah Skouw, Wutung, Kota Jayapura yang letaknya di wilayah perbatasan RI – Papua Nugini (PNG) jadi kawasan obyek wisata oleh Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua.

“Ya, itu prospek untuk wisata. Untuk kedepannya di  daerah Skouw, Wutung kita lihat setiap saat, apalagi pada akhir pekan orang datang untuk hunting foto dan sangat ramai,” kata Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzanna Wanggai kepada wartawan di ruang kerjanya kemarin Selasa (25/11/14).

Dijelaskan Susi panggilan akrabnya, banyaknya animo masyarakat yang ingin berfoto disana karena pemandangan yang cukup menarik. Maka oleh instansi yang dipimpinnya itu dijadikan sebagai peluang wisata, yang bisa mendatangkan wisatawan dan juga para tamu dari pusat yang datang ke Jayapura dan ingin melihat dari dekat wilayah perbatasan RI – PNG.

“Nantinya kawasan wisata ini rencananya akan kita bangun tidak jauh dari  tugu MMI, tepatnya di tepi jurang,” terangnya.

Untuk itu nantinya mulai dari bibir jurang akan dibuat pengaman yang baik. “Kita akan buat suatu tempat disitu, dimana masyarakat akan berdiri disitu dan melihat langsung ke lautan Pasifik,” tuturnya.

Selain itu juga  akan dibangun tugu batas yang sama persis dengan tugu MM 1. Untuk itu pihak badan perbatasan Provinsi Papua akan berkoordinasi dengan BIG (Badan Informasi Geospasial).

“Mereka sudah bicarakan dengan kami dan kami minta dibangun disitu satu tugu, supaya masyarakat juga mengetahui ada tugu batas,” imbuhnya.

Nantinya tugu batas akan sama persis dengan di Sota, Kabupaten Merauke, yang aksesnya mudah. Pasalnya selama ini masih ada masyarakat yang tidak mengetahui ada tugu dibangun disitu. Masyarakat justru mengira mercusuar tinggi adalah tugu batas.

“Selama ini masyarakat mengira mercusuar tinggi itu tugu padahal tidak. Tugu itu tingginya hanya sekitar 160 cm. Nah kita minta prioritas tahun depan   akan dibangun disitu,” harapnya.

Selain itu juga akan dibangun satu buah tugu lagi di daerah netral zone atau zona netral.

Kemungkinan juga akan dibangun beberapa lagi tugu dititik-titik lintas batas. “Kalau kita lihat ada lintas batas di Merauke, distu  akan dibangun 8 tugu. Jadi semuanya akan dibangun 10 tugu.  Tadinya ada 52 tugu, kedepannya akan dibangun 62 tugu. Kedepannya akan dibangun terus tugu yang jaraknya jauh dan tidak berdekatan,” tutupnya. [wiyainews.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s