Zona Berita

Ribuan Pemuda dan Masyarakat Hadiri Deklarasi FKGMP

FKGMP-SENTANI

SENTANI – ZONADAMAI.COM: Demi perubahan pembangunan segala aspek baik itu sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) di Provinsi Papua, ribuan pemuda dan masyarakat Papua mendeklarasikan lembaga independen yang bermitra kepada pemerintah, yakni Forum Kebangsaan Generasi Muda Papua (FKGMP), di Lapangan Alm. Theys H. Eluay, Kota Sentani,  Rabu (8/10/2014) sore.

 “FKGMP siap mendukung visi misi pemerintah baik Pusat maupun dari Pemprov Papua menjadikan masyarakat Papua yang mandiri, sejahtera, makmur, adil dan bermartabat.” kata Ketua FKGMP Provinsi Papua, Armatius Tabuni, ST

Deklarasi FKGMP bertujuan untuk mewujudkan situasi dan kondisi masyarakat yang aktif dan mandiri guna membangun Papua lewat pembangunan SDM, SDA serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), khususnya dibidang pertanian berbasis kearifan lokal masyarakat Papua dengan pembinaan dan pemberdayaan sosial budaya pertanian, perkebunan, peternakan, pariwisata dan kelautan.

“Lewat forum ini dapat menjadikan masyarakat Papua yang mandiri, sejahtera, makmur, adil dan bermartabat. Sesuai dengan program utama, FKGMP siap mendukung visi misi pemerintah baik Pusat maupun dari Pemprov Papua dalam hal ini Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe,” kata Ketua FKGMP Provinsi Papua, Armatius Tabuni, ST., didampingi Wakil Ketua FKGMP Provinsi Papua, Gim Tabuni dan Pembina FKGMP, Edison Awoitauw, ST., kepada wartawan, kemarin.
Armatius demikian sapaan akrabnya mengatakan, latar belakang berdirinya atau pendeklarasian FKGMP karena selama ini belum ada lembaga independen yang bermitra kepada pemerintah untuk berbicara mengenai hak-hak rakyat Papua, khususnya para petani Papua.

“Jadi, lembaga FKGMP dibentuk karena dari tahun ke tahun, tidak ada lembaga independen yang bermitra kepada pemerintah guna membicarakan hak-hak rakyat atau para petani yang ada di Papua. Sehingga kami membentuk lembaga ini untuk bermitra kepada pemerintah, agar pendapatan dari rakyat Papua bisa jelas dan juga perekonomiannya dapat meningkat,” jelasnya.

Selain itu, kata Armatius, bahwa forum ini ada di semua Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua untuk bisa membuka akses jalan guna memenuhi kebutuhan perekonomian yang selama ini masih terkendala.”Kami dalam hal ini FKGMP ada di 1 Kota dan 14 Kabupaten se-Provinsi Papua untuk bisa masuk ke PT Freeport Indonesia guna menjual hasil perkebunan rakyat Papua. Dikarenakan selama ini, Freeport selalu mendatangkan hasil-hasil perkebunan seperti sayur mayur dari luar Papua. Dimana, Papua ini merupakan daerah yang kaya raya akan sumber daya alam, tapi Freeport dan pemerintah tidak pernah memberikan peluang kepada masyarakat Papua,” imbuhnya.

Untuk itu, dia mengatakan, setelah terbentuknya forum ini maka pihaknya siap memasok dan juga menyuplai hasil-hasil perkebunan atau pertanian dari masyarakat yang ada di Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua ke PT Freeport. “Kami memohon kepada Pemprov Papua dan BUMD, supaya dapat menyiapkan pesawat khusus bagi rakyat Papua untuk memasarkan hasil-hasil perkebunannya ke semua daerah yang ada di Provinsi Papua atau ke PT Freeport, agar ada peningkatan dalam hal pendapatan rakyat Papua guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” katanya sembari mengatakan bahwa dengan begitu para petani juga dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah Provinsi Papua.
Dikatakannya, bahwa FKGMP ini sudah dibentuk di 1 Kota dan 14 Kabupaten se-Provinsi Papua yang telah terdaftar di Kesbangpol baik Provinsi dan Kabupaten/Kota hingga Kementerian. “Dengan demikian kami harap setelah terbentuknya forum ini, maka kami siap menjemput visi misi Gubernur Papua dan juga visi misi Presiden terpilih Ir. H. Joko Widodo (Jokowi). Dimana, forum ini tidak memboncengi salah satu kepentingan tapi murni berbicara hak-hak rakyat atau para petani Papua,” tandasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Pembina FKGMP, Edison Awoitauw, ST., mengatakan, bahwa Forum Kebangsaan Gerakan Muda Papua (FKGMP) ini dibentuk untuk fokus berbicara tentang ekonomi kerakyatan di Papua.
“Jadi, dalam AD/ART FKGMP ini terfokus bicara mengenai ekonomi kerakyatan. Karena hingga saat ini kita lihat pemerintah hanya fokus pada pembangunan fisik saja, tetapi dengan adanya forum ini kami ingin mencoba untuk membuat suatu formula yang baru, yakni mari kita bicara tentang ekonomi dan setelah itu baru kita bicara tentang pembangunan,” ujar dia yang juga salah satu tokoh pemuda di Kabupaten Jayapura.

Kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap hasil-hasil dari rakyat petani Papua, Edison yang juga merupakan penasehat deklarasi FKGMP mengatakan, bahwa forum ini akan menyediakan suatu tempat untuk menampung semua hasil-hasil, baik itu berupa perkebunan, pertanian dan kelautan. “Sehingga pengurus FKGMP tingkat provinsi ini bertanggungjawab untuk bagaimana menyuplai hasil-hasil para petani tersebut. Dan, kita akan membuka jaringan ke semua tempat seperti Freeport untuk bagaimana hasil pertanian atau perkebunan dari rakyat Papua bisa laku terjual guna meningkatkan perekonomian rakyat Papua tersebut,” kata Edison yang juga lolos terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Jayapura periode 2014-2019 dari Partai NasDem.

Senada dengan hal itu, Waket FKGMP Provinsi Papua, Gim Tabuni mengatakan, bahwa sebenarnya acara deklarasi FKGMP ini semula akan digelar pada tanggal 29 September 2014, namun karena kesibukan dari Gubernur Papua Lukas Enembe di sidang-sidang DPR RI, sehingga deklarasi ini baru terlaksana pada Rabu (8/10/2014) kemarin dengan pasti dihadiri pihak Pemerintah Provinsi Papua.

“Dengan demikian, kami dalam hal ini FKGMP yang ada 1 Kota dan 14 Kabupaten di Provinsi Papua yang sudah menghadiri deklarasi ini sekitar 1.500 orang baik pemuda dan masyarkat Papua, khususnya para petani sangat kecewa dengan kinerja Pemerintah Provinsi Papua yang tidak menghadiri acara deklarasi tersebut,” tukasnya. [bintangpapua.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s