Zona Berita

Mayoritas kepala daerah di Papua terjerat korupsi

karikatur : accounting-08.blogspot.com

karikatur : accounting-08.blogspot.com

JAYAPURA-ZONADAMAI.COM:  Sekitar 80 persen dari 86 kasus korupsi yang ditangani Kejaksaan Papua, banyak yang menjerat kepala daerah. Tak sedikit dari mereka saat ini ditetapkan sebagai tersangka. Mayoritas proyek yang sering di korupsi seperti melakukan mark up nilai proyek dan sejenisnya.

Kepala Kejati Papua Maruli Hutagalung, mengatakan, banyaknya kepala daerah dan pejabat yang menjadi tersangka itu antara lain disebabkan terjadinya penganggaran ganda terhadap suatu proyek atau kegiatan.

“Selain itu, nilai proyek juga digelembungkan atau di mark up, serta penggunaannya tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Hutagalung di Jayapura, seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/7), dan menurut Hutagalung, dari 86 kasus korupsi yang ditangani itu 11 kasus di antaranya merupakan kasus yang ditangani dan dilimpahkan dari Polda Papua.

Kepala daerah yang sedang menghadapi proses hukum, antara lain Bupati Biak Yesaya Sombuk, Bupati Waropen Yesaya Buiney, pejabat Bupati Mimika Aulosius You dan Bupati Mybrat Bernard Sagrim serta Sekda Kota Jayapura RD Siahaya.

Lebih lanjut, dia menerangkan, dari empat kepala daerah itu dua bupati yang hingga kini belum diproses lebih lanjut karena masih menunggu proses izin dari presiden. “Dan dua kepala daerah yang saat ini masih menunggu izin dari presiden itu adalah Bupati Waropen Yesaya Buiney dan penjabat Bupati Mimika Alosius You,” tegas Hutagalung. [merdeka.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s