Zona Berita

Gubernur Lantik Illiza Jadi Wali Kota

gubernur-aceh-zaini-abdullah-melantik-plh-wali-kotaGubernur Aceh, Zaini Abdullah melantik Plh Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal sebagai Wali Kota Banda Aceh defenitif, di Gedung DPRK Banda Aceh.

Banda Aceh,Zonadamai.com : Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah melantik Illiza Sa’aduddin Djamal SE sebagai Wali Kota Banda Aceh untuk sisa masa jabatan 2012-2017 di Gedung DPRK Banda Aceh, Senin (16/6). Illiza menggantikan Wali Kota, Ir Mawardy Nurdin MEng yang meninggal pada 8 Februari 2014.

Setelah Mawardy meninggal, Illiza yang dulu menjabat Wakil Wali Kota langsung menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota untuk mengisi kekosongan itu, hingga akhirnya dilantik oleh Gubernur sebagai Wali Kota definitif untuk menjalankan sisa tugas hingga 4 Juli 2017.

Kemarin, sebelum memimpin sumpah dan melantik Illiza dalam rapat Paripurna Istimewa DPRK Banda Aceh, Gubernur Zaini lebih dulu menyerahkan penghargaan sebagai Pelopor Pembangunan Banda Aceh kepada Mawardy Nurdin.

Ia dinilai telah banyak membangun ibu kota provinsi ini selama hampir dua periode menjabat Wali Kota Banda Aceh bersama Wakilnya Illiza Sa’aduddin Djamal. Penghargaan ini diterima oleh anak Mawardy bernama Rinza Mawardy.

Selanjutnya, Gubernur Zaini dalam sambutannya menekankan enam hal kepada Illiza. Pertama, tingkatkan pembangunan yang pro pertumbuhan, prolapangan kerja, dan pro penurunan kemiskinan. Arah pembangunan, harap Gubernur Zaini, harus mampu menggerakkan potensi sumber daya manusia di daerah ini. “Jangan lupa untuk menjadikan gampong sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” harap Zaini.

Kedua, Gubernur Zaini meminta Illiza mengembangkan citra positif organisasi pemerintah sehingga masyarakat percaya dan bersedia berperan aktif membangun Banda Aceh yang lebih maju, mandiri untuk mewujudkan kota ini menjadi model kota madani.

Ketiga, dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan bersih dan transparan, Gubernur Zaini mengimbau Wali Kota Banda Aceh melanjutkan semangat reformasi birokrasi yang sudah berjalan di daerah ini. Membangun komunikasi yang efektif dan harmonis dengan legislatif serta terus meningkatkan kapasitas aparatur.

“Jangan sampai ada pengangkatan pejabat di lingkungan SKPK atas dasar hubungan personal, tapi angkat mereka yang memiliki kapabilitas dan kompetensi sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” pesan Gubernur.

Keempat, Gubernur berharap Wali Kota mampu meningkatkan sejumlah terobosan yang telah dicapai sebelumnya. Sebagai contoh, tata ruang dan pelayanan publik Kota Banda Aceh yang telah mendapat pengakuan dan penghargaan nasional sebagai salah satu yang terbaik.

Kelima, potensi pariwisata Banda Aceh pascatsunami juga menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Infrastruktur pendukung pariwisata juga telah berkembang seiring meningkatnya jumlah wisatawan domestik dan mancanegara ke Banda Aceh.

Gubernur berharap, semua ini ini digerakkan lebih aktif dan dijalin kerjasama dengan kabupaten/kota tetangga, seperti Sabang dan Aceh Besar, serta dengan kota seberang, misalnya Malaysia dan Thailand.

Terakhir, Gubernur mengingatkan Wali Kota bersikap netral dalam pilpres nanti. Di luar enam pesan ini, Zaini juga meminta Illiza memfasilitasi agar cepat ada Wakil Wali Kota pengganti dirinya.

Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB berlangsung kira-kira satu jam. Di antara undangan yang hadir selain mewakili unsur Muspida Aceh, juga ikut hadir para kepala dinas di Banda Aceh.

Rapat paripurna istimewa yang dibuka dan ditutup oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Yudi Kurnia SE itu juga dihadiri beberapa anggota DPR-RI daerah pemilihan Aceh, seperti Faisal Amin dari PPP dan Nova Iriansyah dari Partai Demokrat.

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s