Zona Berita

Berdalih Jemput Mantan Wapres

JK-BIBAmbon,Zonadamai.com : Langkah Ketua Tim Kampanye Prabowo-Hatta di Maluku, Said Assagaff menjemput cawapres Jusuf Kalla (JK), yang dilakukan olehnya, di Bandara Pattimura, Ambon, Sabtu (14/6) mengagetkan banyak kalangan.

Walau begitu, Kabag Humas Setda Maluku John Hursepuny tampil membela Assagaff. Dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalima, Senin (16/6), Hursepuny mengatakan, penjemputan itu dila­kukan Assagaff dalam kapasitas sebagai Gubernur Maluku yang menjemput mantan Wapres Jusuf Kalla.

“Kami perlu jelaskan bahwa H.M Jusuf Kalla sebagai mantan Wakil presiden periode 2004-2009, sesuai UU Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan tetap mendapatkan perlakuan khusus dalam tata upa­cara, tata tempat, dan tata penghor­matan adalam acara kenegaraan maupun secara resmi,” katanya.

Selain itu, menurutnya, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2013 tentang pengamanan Presiden dan Wakil Presiden, Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden beserta keluarganya serta tamu negara dan setingkat kepala negara/kepala pemerintahan khusus pasal 13 sampai pasal 20, mengatur tentang pengamanan mantan presiden dan Wakil Presiden beserta istri dan suami dilakukan baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang diselenggarakan oleh panglima TNI yang dikordinasikan dengan Kapolri.

“Etikanya, ketika Jusuf Kalla sebagai mantan Wakil presiden RI ke-10 berkunjung ke Provinsi Ma­luku, gubernur menyambut kedata­ngan beliau. Lagipula dalam melak­sanakan kegiatan kampanye di Ambon gubernur tidak ikut menghadiri kampanye tersebut,” ungkapnya.

Pembelaan yang dilakukan Hur­sepuny juga sangat aneh, karena kedatangan Jusuf Kalla ke Ambon bukan dalam kapasitas sebagai mantan Wapres tetapi justru dalam kapasitas cawapres.

Sebelumnya, aneh tapi nyata. Tapi itulah yang dilakukan Ketua Tim Kampanye Pasangan capres dan cawapres Prabowo-Hatta di Maluku, Said Assagaff. Ia tampak menjemput cawapres JK di Bandara Pattimura, Ambon, Sabtu (14/6).

Walaupun pesawat yang membawa JK baru tiba pukul 14.00 WIT. Namun Assagaff sudah terlihat berada di ruang VIP Bandara Patti­mura sejak 45 menit sebelumnya.

Saat JK turun dari pesawat, tampak Assagaff yang lebih dulu maju menyalami JK. Berikutnya barulah Ketua DPD PDIP Maluku yang juga Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK, Karel A Ralahalu dan para pimpin parpol koalisi dianta­ranya Ketua DPW NasDem Maluku Hamdani Laturua, Ketua DPD Hanura Maluku Ayu Hasanusi, Ketua DPP PKP Indonesia Maluku Lenda Noya dan Ketua DPW PKB Maluku Basri Damis.

Langkah Assagaff ini memang sangat aneh, karena di ibukota provinsi lain yang disinggahi JK ternyata tidak ada Ketua Tim Kampanye Prabowo-Hatta yang menjemput JK walaupun yang bersangkutan itu menjabat guber­nur maupun wagub setempat.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s