Zona Berita

Sipil Bersenjata Kepingin Eksis

*) Kapolda: Di Wilayah Perbatasan Wutung Ada Sekitar 56 Orang

JAYAPURA – ZONADAMAI.COM: Kepala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian mengungkapkan, Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) di wilayah perbatasan Wutung RI-PNG diketahui hanya satu kelompok dibawah pimpinan MW.

Kapolda Papua, Tito Karnavian

Kapolda Papua, Tito Karnavian

“Kelompok ini diketahui  ada sekitar 56, dibawah pimpinan MW. Keseharian mereka di daerah PNG, dan kadang-kadang mereka hanya bolak-balik di sekitar itu,” ungkap Kapolda kepada wartawan, Jumat (11/4/2014).

Menurut Kapolda, kelompok ini masih kepingin eksis, sehingga mereka mencoba mengganggu daerah itu, bahkan sampai mereka mengibarkan bendera Bintang Kejora  di atas bukit, Kamis pekan lalu.

“Di bukit itu ada seng dengan menggunakan cet warna merah putih dan mereka bakar, lalu mengibarkan bendera bintang kejora. Anggota pun tidak terpancing, karena itu hanya sebagai umpan untuk mengganggu dan kepengen eksis,” katanya.

Oleh karena itu, Lanjut mantan komandan Densus 88 ini mengungkapkan, bahwa TNI dan Polri melakukan langkah taktis, dengan mengamankan Bendera Bintang Kejora itu. ‘setelah disisir ke daerah itu, pelaku sudah pergi, karena daerah itu daerah perbatasan sehingga tinggal menyebrang sedikit aja,” paparnya.

Disinggung apakah ada penambahan pengamanan di daerah perbatasan itu?  Kapolda Tito  menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan rapat dengan Pangdam guna melakukan upaya-upaya untuk memperkuat pengamanan perbatasan termasuk di daerah hutan itu.
Namun yang jelas, kelompok tersebut hanya ingin eksis. Buktinya,  pemilukada di Vanimo berjalan lancar tanpa ada gangguan. “Pemilukada di daerah Koya, dan sekitarnya pun tidak terganggu, mereka itu hanya bolak-balik di daerah itu,” imbuhny. [bintangpapua.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s