Zona Berita

Takut Diteror OPM, Puluhan Warga Papua Mengungsi Jelang Pileg

peta papuaJAYAPURA-ZONADAMAI.COM: Sebanyak 43 warga yang tinggal di Kampung satuan pemukiman atau SP-V, Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura, Papua mengungsi ke Kampung Kwarca menjelang hari pemungutan suara Pemilu legislatif 2014.

Kepala Kepolisian Resort (Polres) Jayapura AKBP Sondang Siagian mengatakan puluhan warga yang mengungsi ini disebabkan oleh rasa ketidaknyamanan dan ketakutan akibat teror yang dilakukan oleh sekelompok Orang Tidak Dikenal (OTK) menjelang pelaksanaan pemilihan umum legislatif (pileg) tanggal 9 April 2014.

“Saat ini situasi di SP-V sudah mulai berangsur kondusif, namun sebagian warga di lokasi tersebut masih belum kembali karena ketakutan,” ujar AKBP Sondang Siagian seperti dikutip dari Antara, Selasa (8/4/2014).

Masih ada kelompok-kelompok yang berseberangan yang ingin membuat satu rencana atau menciptakan pelaksanaan pileg ini tidak kondusif. Buntut dari kejadian itu, kelompok OTK ini menyebarkan orang-orangnya di tempat-tempat yang mereka tentukan untuk melakukan aksi, salah satunya di SP V ini.

“Kelompok OTK tersebut sengaja membuat masyarakat resah dengan pola penyerangan yang tidak beraturan. Untuk membuktikannya, sudah ada tanda-tanda seperti wanita dan anak-anak yang mengungsi dengan membuat pos”.

Selain itu, mereka ciptakan suasana yang tidak aman dan kondusif dengan mengatakan bahwa akan ada penyerangan, ada ini, ada itu dan segalanya dengan menyuruh warga ini menjual ternaknya. Ya mama-mama, anak-anak ini tidak mengerti apa-apa sehingga mereka menjual ternaknya semua,” urainya.

Menurutnya, sementara warga yang tidak ikut mengungsi telah diyakinkan dari kepolisian bahwa tidak akan ada penyerangan agar warga dapat meminta keluarganya untuk kembali bersama-sama di SP V. Hasilnya, sebagian warga ini sudah kembali setelah diyakinkan tidak ada penyerangan dari OTK.

“Mereka yang menakuti warga ini sedang kami cari sekarang ini, karena sudah membuat warga di SP V mengungsi,” tukasnya.

Ia menambahkan sebagian warga ini telah kembali sejak Senin kemarin. Yang mana kepada warga diharapkan tidak mudah terprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab maupun dari isu-isu yang menyesatkan masyarakat jelang pemilu ini dan sesudah pemilu, karena nantinya akan merugikan masyarakat itu sendiri.

Untuk diketahui Kampung Kwarca dan Kampung SP V sama-sama berada di Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura, Papua. Namun jarak antara Kampung Kwarca dan Kampung SP V dapat ditempuh selama 8-9 jam dengan berjalan kaki. Di sini kendaraan roda empat maupun roda dua tidak dapat lewat sehingga hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.
(Sumber : Merdeka.com)

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s