Zona Berita

PILEG DI YAHUKIMO TERANCAM DITUNDA

TNI membantu KPUD di Papua mendistribusikan logistik Pemilu ke tempat-tempat yang sulit dijangkau transportasi umum (Foto: Viva.co.id)

TNI membantu KPUD di Papua mendistribusikan logistik Pemilu ke tempat-tempat yang sulit dijangkau transportasi umum (Foto: Viva.co.id)

JAYAPURA–ZONADAMAI.COM:  Kabupaten Yahukimo, Papua terancam tak bisa melaksanakan pemungutan suara atau pencoblosan Pemilihan Legislatif (Pileg) sesuai jadwal, Rabu (9/4/2014) besok, lantaran belum terima logistik Pemilu.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua, Adam Arisoi, di wilayah Yahukimo hingga kini masih ada 35 distrik yang belum menerima logistik Pileg, karena belum didistribusikan.

Daerah Selatan dan Utara Papua semua sudah siap. Tinggal Kabupaten Yahukimo yang distribusi logistiknya masih terhambat karena faktor cuaca. Ini yang jadi perhatian kami semua,” kata Adam Arisoi, Selasa (8/4/2014).

Menurutnya, ada 16 distrik di Yahukimo yang logistiknya masih berada di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, yakni logistik untuk Distrik Ubahak, Heriapini, Ubalihi, Yahuliambut, Musaik, Surusuru, Obio, Amuma, Hogio, Nalca, Dirwemna, Kono, Endomen, Talambo, Nipsan dan Panggema.

Untuk 19 distrik lainnya kata Adam, logistik telah berada di Ibukota Kabuten Yahukimo, Dekai. Namun belum bisa didistribusikan karena cuaca buruk. Ke 19 distrik itu yakni Distrik Sobaham, Ninia, Soba, Kwikma, Holuwon, Lolat, Kambianggema, Hilipuk, Soloikma, Sumo, Kayo, Sela, Korupun, Duram, Kwelamdua, Bomela, Langda, Suntamon, dan Seradala.

Kami akan menyurat KPU RI dan diketahui gubernur, Pangdam dan Kapolda. Jika memang hingga besok logistik belum bisa didistribusikan, kami akan minta pemungutan suara di Kabupaten Yahukimo ditunda satu atau dua hari lagi. Hingga kini baru 16 distrik yang sudah dapat logistik,” ujarnya.

Sementara komisioner KPU Papua, Betrix Wanane mengatakan, selain faktor cuaca yang menjadi kendala lain adalah terlambatnya penetapan pemenangan tender distribusi logistik di Yahukimo serta pergantian sekretaris KPUD setempat.

Semua kabupaten di Pegunungan Tengah sejak 1-5 April lalu sudah menyiapkan penerbangan, dan Kabupaten Yahukimo terlambat. Kalau di Kabupaten Nduga, dari 22 distrik yang ada tinggal empat distrik yang logistiknya belum didistribusikan,” kata Betrix. [tabloidjubi.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s