Zona Berita

Kelompok OPM Pimpinan Mathias Wenda Resahkan Warga Di Perbatasan RI-PNG

JayapuraZONADAMAI.COM:  Kelompok Sipil Bersenjata pimpinan Mathias Wenda, Sabtu pagi (5/4/2014) membuat resah masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan Skouw, Distrik Muara Tami, Jayapura. Kejadian yang meresahkan ini terjadi pada pukul 05.30 WIT pagi tadi.

Kelompok berjumlah sekitar 30 orang itu, sebagian ada yang mengenakan pakaian loreng dan sebagian ada yang terlihat menenteng senjata laras panjang melakukan aksi blokade jalan, pembakaran, penembakan terhadap tower perbatasan RI (Republik Indonesia) – PNG (Papua New Guinea), serta pengibaran bendera bintang kejora pada menara suar di perbatasan kedua negara itu.

Terjadi kontak tembak antara kelompok Mathias Wenda dengan aparat gabungan TNI/Polri yang turun ke lokasi untuk mengusir para perusuh. Hingga pukul 10.20 WIT kontak senjata masih berlangsung.  Selain aksi tersebut kelompok KKB juga telah melukai aparat keamanan gabungan TNI/Polri yang saat itu bertugas mengamankan lokasi. Kapolresta Jayapura, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Alfred Papare, terkena serpihan kaca mercusuar. Satu anggota Intel Kodim 1701 Jayapura Serma TNI Tugino terkena serpihan peluru di bagian kepala, dan satu anggota polisi tertembak di kaki.

Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Hinsa Siburian, langsung memimpin pasukan di perbatasan Skouw-Wutung untuk menghalau dan mengejar para pelaku kerusuhan yang berupaya mencari perhatian dengan cara menciptakan situasi yang tidak kondusif menjelang Pemilu Legislatif 2014 di wilayah Jayapura.

Sampai berita ini diturunkan proses pengejaran masih terus dilakukan guna penegakan hukum terhadap para pelaku kriminal. Aparat keamanan telah bertindak cepat untuk memulihkan situasi dan keadaan yang sempat menghambat aktivitas warga di sekitar perbatasan RI-PNG . [*]

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s