Zona Berita

Papua Harus Didekati dengan Silaturahmi

ekjen DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto

ekjen DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto

JAKARTA-ZONADAMAI.COM: Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Sudarsono Hardjosoekarto mengatakan, munculnya aspirasi otonomi khusus plus setelah pemerintah pusat memberikan otonomi khusus (Otsus) sejak 2001 bagi Papua, mengindikasikan bahwa pemerintah belum mempunyai kesabaran dalam merawat keindonesiaan di Bumi Cenderawasih itu.

“Munculnya tuntutan agar Jakarta memberikan Otsus plus dengan hak-hak yang lebih besar lagi pada Papua dalam urusan keuangan dan luar negeri, mengindikasikan kita tidak sabar merawat keindonesiaan di Papua,” kata Sudarsono Hardjosoekarto, saat jadi pembahas bedah buku “Kembali ke Indonesia, Langkah, Pemikiran, dan Keinginan”, karya Nicolaas Jouwe, di gedung DPD, Senayan Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Menurut mantan Dirjen Kesbangpol Kemendagri itu, sesungguhnya mayoritas masyarakat Papua bangga jadi bagian Indonesia. Mereka juga berkhidmat membawa “Merah-Putih”.

“Tapi, faktor komunikasi pusat-daerah dan persepsi yang keliru dari sebagian pejabat pusat dan daerah, menyebabkan isu atau masalah Papua selalu mengemuka,” ungkapnya.

Dikatakannya, Papua mestinya didekati dengan silaturrahmi keindonesian dengan niat tulus membangun keindonesiaan di Papua.

“Implementasinya jangan lagi dengan pendekatan struktural pusat-daerah. Ada cara lain yang lebih kreatif dan manusiawi misalnya pertukaran pelajar dan pemuda antarprovinsi di Indonesia. Fasilitasi pelajar, pemuda dan masyarakat Papua untuk lebih mengenal Indonesia. Dengan cara seperti itu, akan terjalin keindonesiaan yang sesungguhnya,” saran mantan dirjen Otda Kemendagri itu. (jpnn.COM)

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s