Zona Berita

Pdt. Socratez Yoman Dikeluarkan dari FKUB Papua

Socratez sofyan yoman

JAYAPURA-ZONADAMAI.COM: Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua sudah dilantik akhir pekan lalu (sabtu, 22/3/2014) di Hotel Aston Jayapura. Para pengurus dan anggota FKUB itu masih didominasi muka-muka lama, kecuali Pdt. Socratez Sofyan Yoman, yang juga adalah Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Baptis se-Tanah Papua. Mereka dilantik oleh Gubernur Papua untuk masa bhakti 2013-2018.

Merasa mendapat diskriminasi dari Gubernur Papua, Pdt. Socratez pun melayangkan surat protes kepada Gubernur Lukas Enembe.  Ia minta agar gubernur meninjau kembali pelantikan itu.

“Saya sendiri tahu alasan mengapa saya dikeluarkan.  Tapi saya (harus) protes ini supaya Bapak Gubernur Lukas Enembe dan semua umat di Tanah Papua perlu tahu,” ungkap Socartez sebagaimana dilansir Bintang Papua hari ini (Selasa, 25/3/2014).

Penulis buku ‘Apakah Indonesia Duduki Bangsa Papua’ yang tidak berani diterbitkan oleh Galang Press Yogyakarta karena isinya dinilai makar itu, tampak tidak bisa menerima keputusan Enembe yang mendepak dirinya dari FKUB. Menurutnya, Ketua-Ketua Sinode secara otomatis adalah anggota FKUB.

“Dalam FKUB anggota adalah muka-muka lama dan belum ada regenerasi atau peremajaan dalam FKUB. Apakah mereka-mereka ini (pengurus FKUB muka-muka lama) adalah para pahlawan yang jaga kerukunan beragama di Papua?” tulis Socratez dalam surat protesnya kepada Gubernur Papua.

Untuk itu, dirinya meminta kepada Gubernur Lukas Enembe agat perlu meninjau ulang keanggotaan FKUB sekarang ini, karena gereja-gereja yang sudah berbasis sudah lama di Papua, Ketua-Ketua Sinode nya secara otomatis adalah anggota FKUB.   “Ketua-Ketua Sionde harus mewakili umat yang di pimpinnya. FKBU jangan dijadikan bemper saja,” jelasnya [bintangpapua.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s