Zona Berita

Pemilu Sistem Noken di Papua Masih Relevan

ilustrasi: viva.co.id

ilustrasi: viva.co.id

JAYAPURA—ZONADAMAI.COM:  Sistem Noken dianggap masih relevan diterapkan dalam Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014 mendatang di sejumlah daerah di Papua di Pegunungan Tengah Papua. Anggota DPD RI Dapil Papua Dra. Paulus Yohanes Sumino, M.M., dan Anggota DPR RI Dapil Papua Paskalis Kossay, S.Pd., M.M., ketika ditemui Bintang Papua usai memberikan ceramah bertajuk Gerakan Sosial Pemuda Katolik dalam Menghadapi Ancaman Globalisasi –Neoliberalisme Melalui Massa Penerimaan Anggota Pemuda Katolik Mempererat Nasionalisme Menuju Persatuan di Aula Diklat Sosial, Kamkey, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (22/3/2014).

Paulus Yohanes Sumino mengatakan, Noken masih relevan untuk Papua karena kualitas demokrasi di Papua kita belum bisa dilakukan one man one vote (satu orang satu suara), karena pendidikan terbatas dan tingkat ekonomi dan tingkat kesejahteraan masih rendah dianggap belum bisa menopang demokrasi yang bersifat individual. Tapi Papua memiliki demokrasi demokrasi tradisionil yakni berupa kesepakatan, persetujuan bersama-sama bersifat kolektif. Karena itu, kata Paulus Yohanes Sumino, kalau masyarakat sepakat dengan orang tertentu, maka perlu dikawal dan ditolong mencoblos menggunakan Sistem Noken.

“Masyarakat dikumpulkan pada suatu tempat dan ditanya kau mau pilih siapa dan salah-satu yang tahu baca tulis membantu mengisi formulir dan kartu suara,” tukas Paulus Yohanes Sumino. Paskalis Kosay berpendapat, Sistem Noken adalah wujud dari kesepakatan dan pemufakatan yang bisa dilakukan pada masyarakat lokal Papua, karena Sistem Noken bagian dari Sistem demokrasi. Tapi di daerah-daerah pinggiran kota di Papua yang penduduknya heterogen tak harus menggunakan Sistem Noken.

“Sistem Noken ini lama-kelamaan akan kita eliminir dengan sendirinya selama masyarakat mempunyai pemahaman demokrasi semakin baik,” ujar Paskalis Kossay. [bintangpapua.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s