Zona Berita

Pemprov Papua Bentuk Satgas Penyelesaian Konflik Antarsuku di Timika

Workers from Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc's Grasberg mine continue their strike in Timika of Indonesia's Papua provinceJAYAPURA-ZONNADAMAI.com: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengaku serius menangani penyelesaiakan bentrokan yang sering terjadi di Timika. Ini dibuktikan dengan dibentuknya satuan tugas (satgas) untuk menuntaskan persoalan tersebut.

“Dalam pertemuan dan rapat Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) yang dipimpin oleh Gubernur Lukas Enembe pada Senin 17 Maret 2014, dibentuklah tim satgas pemberhentian dan penyelesaian konflik Timika,” ujar Asisten I Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa di Jayapura.

Doren merupakan ketua satgas tersebut. Di dalamnya terdapat gabungan sejumlah pihak, yakni pemda, polisi, TNI, dan tokoh masyarakat dari tujuh suku yang ada di Timika.

“Dari polisi ada Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw dan TNI ada Danrem 174/WYJ, anggota MRP, Lemasa, Lemasko serta tokoh-tokoh masyarakat di Timika,” katanya.

Ia menjelaskan, tugas satgas yakni mencari solusi secara adat dan hukum atas pertikaian antarsuku yang kerap terjadi. Pihaknya akan melakukan pendekatan dengan para tokoh masyarakat yang bertikai dengan membentuk tim-tim dari tujuh suku.

“Pak gubernur minta kepada satgas dan Bupati Mimika, yang paling utama adalah merangkul semua pihak yang bertikai, meminta perang antarsuku dihentikan, penyelesaian secara adat dan secara hukum,” tambahnya.

“Pendekatan dengan warga yang bertikai itu penting. Suku Dani sudah mau untuk menghentikan perang hanya di suku lainnya masih dalam tahap pendekatan, karena kami menduga ada provokator yang terlibat dan hal itu sudah diserahkan kepada aparat untuk mencarinya,” katanya.

Gubernur Lukas Enembe, lanjut dia, meminta masyarakat menyadari kerugian dan penderitaan akibat bentrok yang mereka lakukan. Dugaan ada pihak-pihak yang memanasi atau provokasi itu juga sudah ditindak lanjuti oleh TNI/Polri. [antara]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s