Zona Berita

Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat Sepakat NKRI Harga Mati

Enembe-SBY 28-1-2014

Jakarta-ZONADAMAI.com: Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Aturury menegaskan bahwa tanah Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Konflik-konflik terjadi, termasuk upaya pemisahan diri dari Indonesia merupakan ulah segilitir kelompok di Papua.

“Kalau Papua Barat itu sangat kondusif. Tapi sepakat Papua sangat komunal. Kalau ada keinginan Papua Barat merdeka itu tidak ada. Merdeka itu satu kali untuk selamanya,” tegas Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Aturury.

Hal itu dikatakan dalam jumpa pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/1/2014).

Sementara itu Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan dirinya telah melakukan rekonsiliasi di daerah-daerah yang rawan konflik. Dirinya juga telah berkordinasi dengan pangdam dan kapolda Papua untuk meningkatkan keamanan di wilayahnya.

“Sekarang yang terjadi ini, sekelompok orang bersenjata yang menurut saya sebenarnya kriminal. Karena kelompok ini dengan berbagai tuntutan kebutuhan memegang senjata, dengan demikian saya anggap kriminal, bukan berjuang minta merdeka,” paparnya.

Menko Polhukam Djoko Suyanto menambahkan pemerintah pusat dan daerah terus melakukan upaya persuasif kepada kelompok-kelompok bersenjata. Mereka dinilai melakukan tindak kriminal sehingga perlu dilakukan tindakan hukum yang tegas.

“Tidak ada lagi operasi militer, tidak ada lagi pengejaran-pengejaran militer, yang dilakukan tadi seperti apa kata gubernur, adalah penegakan hukum dalam rangka menindak tindakan kriminal. Jadi upaya persuasif harus sabar dan harus dikelola dengan baik untuk keluar dari tindakan kekerasan sangat penting,” tegasnya. [detiknews]

9 replies »

  1. GUBERNUR PAPUA DAN PAPUA BARAT INI BENAR-BENAR GOBLOK ,DAN MEREKA DUA INI ASAL MANA LUBANG BATU INI.HARGALAH PEJUANG-PEJUANG KEMERDEKAAN BANGSA PAPUA BARAT YANG MEMPERTAHANKAN DIRI HUTAN.YANG JANGAN MENGANGGAP REMEH DONG..LUKAS ENEMBE DAN OCTAFIANUS SETELAH PAPUA HARUS DAN HARUS PULANG KE PULAU JAWA.KALAU TINGGAL DI PAPUA AWAS..AWAS….TIDAK PERINGATAN. AWAS..AWAS…

  2. GUBERNUR PAPUA YANG PALING GOBLOK ADALAH LUKAS ENEMBE.DAN PALING BRENGSEK..ORANG PAPUA YANG PALING GOBLOK, ADALAH LUKAS ENEMBE,PALING BOK ADALA LUKAS ENEMBE,PALING BODOK ADalah LUKAS ENEMBE..GUBERNUR YANG PAPLING BODOK ADALAH LUKAS ENEMBE..GUBERNUR LAMA BARNABAS SOEBU PALING PINTAR DARI PADA LUKAS ENEMBE PALING BODOK….BODOK…LUKAS ENEMBE BODOK….

  3. Bicara soal papua di Depan RI jangan tutup-tutupi fakta di lapangan bicara terus terang,coba bandingkan Dengan Aceh,?? GAM bisa Dialog Di Helsinki bisa,tapi kok di papua kenapa tidak bisa dialog Dengan OPM..??? Ini aneh sungguh sangat aneh, Di puncak Jaya itu OPM murni bukan KSB,bukan kriminal bersenjata, Untuk itu harus adakan DIALOG Dengan OPM, dialog di laksanakan apabila ada pihak ketiga yang netral Dialog diselenggarakan di Swiss atau di Israel,tidak boleh di dalam negeri. kalau terus begini,TNI bilang NKRI harga mati, OPM bilang papua Merdeka harga mati,mana yang benar…??? solusinya Harus Dialog Indonesia dengan OPM.

  4. Gubernur Papua dan Papua Barat Yg Sekarang ini adalah Benar2 Goblok Tdk Punya Berpendidikan Pasti Ijazah Sarjana Yg Sekarang Dorang dua pake ini adalah Terbukti Ijzah Beli Sampe2 Mereka dua Menjual Masyarakatnya Sendiri,,,.. maka org yg cepat cedera itu jangan saya2 Menjadi Pemimpin… Goblok Tagisan Masyarakat bersama alam Papua Akan Memakan Gubernur Papua LukAS Enembe Bersama Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Aturury. Oh,,. Tuhan Yesus Klu Memang Kedua pemipin ini Benar Mengatakan Kaya begini…Berilah Pemahaman kepada mereka berdua agar kewenagan Mereka berdua ini dpt Gunakan Sesuai dgn Kehendakmu.. dn Tuhan Yesus Tolong Jagailah Alam Papuaku Bersama Masyarakatku Didalam Nama Yesus Kristus AKU sEMbunyikan dlm Bahu Yg Penuh Kuasah Lahirkan Pempin yg Peduli Trhadap Masyarakatku dan Alam Papuaku Amin…..

  5. adoohh jangan bulabalik kata2 ZONA DAMAI, pemerintah pusat ada pusing tujuh kelilimg, mengenai dukungan internasional dari LSM internasional yang menekan indonesia masalah HAM di papua barat apalai negara vanuatu yang sudah umum kan papua di PBB tahun 2013 lalu, apalagi dukungan sekarang membekak di uni komite eropa , America, china, korea selan, pasifik dan di afrika,, ingat bahwa masalah papua akan di tingkat lanjut tahun ini di PBB, untuk mengumumkan kemerdaan Papua Barat, jadi otonomi plus itu fersi pemerintah indonesia bukan dunia internasional, supay ko tau,,,

  6. Aku doakan supaya kalian dua cepat pergi hadapan Allah Bapa disurga dan dari surga Tuhan Akan buang dalam lautan Neraka

  7. Adooh kasihan Gubernur papua dan papua barat, masalah papua bukan ada di nasional atau diindonesia,masalah papua sudah ada di dunia internasional.
    Gubernur papua dan papua barat adalah penggianat besar diatas tanah papua memjual rakyatnya sendiri.
    klu seorang peminpin minta makan/minta uang ke pusat jagan menjual masyarakat atau TPN/OPM..
    Pikir baik2 besok papua merdeka kamu dua akan kemana, ideologi orang papua tidak bisa dibeli dengan uang atau makan minum,kami

  8. Orang papua tidak bersukur, sebenarnya yang buat kalian sejahtera itu harusnya gubernur kalian !!
    Dan tolong Jangan pandang indonesia atau jawa itu selalu mengarah ke islam yang kalian sangat benci karna kristen juga banyak sekali di sana dan juga agama lainya..
    Juga di sana kristen sudah banyak yang memimpin berbagai lembaga nasional dan juga jendral di militer ataupun menjadi gubernur di kalimantan barat dan timur yang di huni muslim.. Jadi islam itu tidak pernah pandang orang dari agama kepercayaan, yang penting berbakti pada negara..
    Dulu kalau bukan indonesia melepas papua dari tangan belanda mungkin sekarang papua jadi budak belanda..
    Sekarang tanya ke gubernur kalian apa yang perlu di bangun, rumah sakit,sekolah,bandara dll untuk mensejeterahkan kalian.,

  9. Orang papua tidak bersyukur dengan dasar apa??? orang indonesia datang dipapua daging,tulang sampai tanah semua diisap dari orang indonesia org papua lapangan kerja sama sekali tidak ada apa yg kita bersyukur??? sembarang anda koments,, dan anda jgn tersinggung dengan Agama, kami berbicara tentang papua merdeka justru sekarang ini indonesia mempentingkan diri jabatan mereka sendiri tidak berpikir untuk rakyat kecil bukti saja di luar papua sementara hidup dibawah kemiskinan tidur dibawa jembatan atap tutup dengan terbal dll apalagi mau urus di papua sangat susa,,maka papua ini keluar dari NKRI pasti teman2 disana akan nampak kesejahteraan anda dan hidup bahagia,,,maka kami mau berbicara tentang presiden,Gubernur,Bupati semua ini hanya mencara nafkah untuk dalam rumah tangga bukan untuk kepentingan rakyat,, bertobat,,bertoba,,bertobat pejabat yang ada di papua ini,,hehehe,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s