Zona Berita

Perayaan Natal di Sentani diwarnai pembakaran pos polisi

senjata-peta papuaSentani-ZONADAMAI.com: Perayaan Natal di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua diwarnai dengan peristiwa pembakaran pos polisi oleh sekelompok massa. Perusakan dan pembakaran pos polisi ini disebabkan massa tidak terima atas kematian salah seorang warga.

Seperti dilansir Antara, Rabu (25/12/2013), kejadian bermula sekitar pukul 14.45 WIT di Jalan Kemiri Sentani. Saat depan Ruko Empat Putra atau depan Masjid 751/R, telah berlangsung perusakan dan membakar isi dalam pos polisi oleh masyarakat dan pemuda yang sedang mengantar jenazah Simon Sokoy. Simon adalah putra dari Serda Richardo Sokoy, anggota Kodim 1701.

Dalam perjalanan menuju pemakaman umum di Kemiri Sentani diikuti sekitar 300 orang. Jenazah Simon Sokoy dibawa menuju pemakaman umum Kemiri dengan menggunakan mobil ambulance milik Rumah Sakit Yowari.

“Pukul 14.30 WIT massa merusak Pos Lantas Sentani, menghancurkan kaca dengan menggunakan batu dan balok dan merusak pintu yang bertempat di Jalan Hawai depan Masjid al Aqsa Sentani,” kata salah satu warga yang enggan disebutkan namanya.

Sekitar pukul 16.10 WIT personel dari Batalyon 751/R membersihkan sisa bekas pembakaran pos polisi sekaligus menjaga untuk mengantisipasi terjadinya serangan balik dari massa. Lalu pada pukul 16.15 WIT massa meninggalkan pemakaman umum di Kemiri Sentani menuju asrama Koramil Hawai Sentani.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya kerugian materi yaitu Kantor Lantas Sentani mengalami rusak pada bagian pintu dan kaca-kaca. Sedangkan pos polisi depan masjid 751/R mengalami rusak parah dan sempat dibakar.

Sebelumnya, terjadi kericuhan antara warga dan pihak kepolisian di asrama Koramil Sentani. [Merdeka.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s