Zona Berita

Mahasiswa Papua Minta Pihak Keamanan dan Kesbangpol Tindak Tegas KNPB

foto:jubi

foto:jubi

Jayapura-ZONADAMAI.com: Koalisi Mahasiswa dan Pemuda Papua Peduli Rakyat (KMP3R) meminta pihak keamanan dan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) agar bisa melakukan perubahan dan mencari tahu siapa pendiri Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Wakil Ketua, Yansen minta agar Kesbangpol Provinsi Papua agar lebih tegas menindak organisasi-organisasi KNPB. “Apalagi organisasi itu tidak jelas seperti, anggaran dasarnya, cari siapa pendirinya, bila perlu tembak mati di tempat saja seperti begitu,” katanya saat ditemui di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Rabu pekan lalu.

Dikatakan Yansen, pemerintah harus melihat kejadian kekerasan KNPB pada 26 November 2013 lalu lebih serius, sebab hal-hal seperti ini tak boleh dibiarkan, terlebih bagi Kesbangpol Provinsi Papua. “Jangan tutup mata melihat organisasi-organisasi yang tak terligitimasi atau terdaftar di negara, apalagi membuat onar, kekacauan, membuat kekerasan,” katanya.

Sebab kata Yansen, kejadian seperti saat aksi demo rusuh KNPB ini bila dibiarkan, maka akan membentuk paradigma terbangun kekuatan secara tergenerasi terus-terus. “Sehingga dari itulah kepada pihak keamanan dan Kesbangpol, bisa melakukan perubahan sekarang ini, hingga berdampak terciptanya kedamaian untuk generasi berikutnya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, koordinator aksi yang juga Ketua BEM Uncen Hukum, Politik dan HAM, Paulinus menegaskan, aksi ini sebagai bentuk kepedulian dari nilai-nilai kemanusian dari Mahasiswa Uncen yang tergabung dalam Stop Kekerasan yang terjadi, 26 November 2013 lalu, yang  menewaskan seorang tukang ojek. “Pelaku segera menyerahkan diri, tidak perlu lagi bersembunyi sebab kejadian ini sudah menyangkut kemanusian,” tegasnya.

Karo Ops Polda Papua, Kombes Polisi, Boni Tompai kepada wartawan memberikan apresiasi atas aksi moral dari mahasiswa tersebut. “Pada prinsipnya Polda akan mengambil penegakan langkah hukum bagi siapa-siapa yang bertanggung jawab dari aksi kekerasan KNPB tersebut,” katanya.

Sebelumnya diketahui, aksi demo siang tadi sejumlah Mahasiswa Uncen yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa dan Pemuda Papua Peduli Rakyat(KMP3R) melakukan aksi protes di halaman Mapolda. Aksi ini terkait kekerasan yang dilakukan oleh KNPB, Selasa (26/11/2013) lalu yang mengakibatkan empat orang jadi korban dan satu diantaranya meninggal dunia atas nama, Syamsul Mua’rif (61 tahun). [tabloidjubi.com]

4 replies »

  1. KNPB itu hanya melakukan demo damai tapi yang selalu bikin kacau masalah kekeran adalah semuanya onum militer untuk kepentingan nkri dan itu selalu menudu masa KNPB. pada kenyataan di lapangan kan sudah jelas bahwa aktor pembuat masalah adalah polisi indonesia supaya polisi indonesia diangkat setinggi langit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s