Zona Berita

Kevin Rudd Mundur Diri dari Federal Parliement Australia

kevin rud mundur

ZONADAMAI.com: Hari Rabu 13 Nov 2013, di Australia adalah hari yang bersejarah karena hari ini adalah hari pertama bagi Tony Abbott berada di chamber of parliement untuk menghadapi questions time dari opposition. Namun ada yang lebih penting dari sekedar hari pertama bagi seorang Tony Abbott yang berdiri di chamber of parliement sebagai seorang Prime Minister. Moment yang bersejarah bagi Australia tersebut adalah karena Kevin Rudd hari ini mengumumkan resignation nya sebagai member of federal parliement.

Sembari menahan emosi yang kelihatan begitu berat, Kevin Rudd menyatakan mundur diri dari dunia politik dengan alasan untuk mengabdi pada keluarga yang sudah begitu dedicated terhadap Kevin Rudd dalam mengarungi terjal dan kejamnya kehidupan politik. Ketika menyebut betapa dia sangat menghargai dedikasi anggota keluarganya yang telah begitu supportive terhadapnya, diapun tak sanggup lagi menahan linangan airmatanya sehingga dia harus berhenti dan mengatupkan bibirnya rapat rapat menahan sedu. Diapun minum air putih dan melanjutkan pidatonya.

Tapi yang paling menyentuh adalah ketika dia menyatakan bahwa dia hanyalah “anake wong cilik” yang tak punya cukup uang untuk membiayai anak lelakinya untuk masuk universitas karena ayahnya hanyalah seorang petani miskin. Tapi karena perubahan di era perdana menteri Whitlam dia berhasil mendapatkan scholarship sehingga dia bisa kuliah dan akhirnya jadi diplomat di China. Dan untuk itu dia sangat berterimakasih pada “Australia”. Ketika mengatakan hal tersebut, diapun tak sanggup lagi menahan airmatanya sehingga dia pun bicara sambil sesenggukan dan mengusap hidungnya berkali kali.

KEBERHASILAN KEVIN RUDD

Mengalahkan John Howard

Kevin Rudd masuk sebagai anggota parliement pada tahun 1998 dan pada tahun 2007 berhasil mengalahkan John Howard, perdana menteri dari partai Liberal yang telah menguasai pemerintahan selama 12 tahun berturut turut.

Mengalahkan John Howard adalah pencapaian dan sukses yang luar biasa. Hanya orang yang setangguh dan sekaliber Kevin Rudd lah yang bisa mengalahkan John Howard yang bercokol begitu lama sebagai perdana mentri. Dalam sejarah Australian Labor Party, hanya ada tiga orang yang memimpin oposisi dan berhasil merebut tampuk pimpinan sebagai perdana mentri. Salah satunya adalah Kevin Rudd.

Dan kemenangan tersebut adalah bukti bahwa Kevin Rudd benar benar “people person” dan down to earth politician yang dicintai oleh rakyat Australia.

13843623651132381198

Kevin Rudd mengusap airmatanya setelah pidato undur dirinya. (Photo oleh DP dijepret dari tv)

Reconciliation (rujuk national), apology to the stolen generation

Ketika Kevin Rudd dilantik jadi perdana mentri pun rakyat Australia banyak menggantungkan harapan pada kepemimpinannya. Dibawah kepemimpinannya, Australia berhasil melakukan “reconciliation” dengan indigenous Australian (orang Aborigines) dan minta maaf terhadap “stolen generation” (anak anak Aborigines yang diambil secara paksa dari orang tuanya untuk digembleng dengan kehidupan secara white Australian, 1800s -1970s). Mengatakan big SORRY atas nama pemerintah terhadap rakyat Aborigines adalah moment bersejarah bagi modern Australia. Dan hanya seorang Kevin Rudd lah yang bisa mewujudkan moment saling memaafkan tersebut sehingga sekarang sudah tak ada lagi rasa yang mengganggu berkenaan dengan masalah stolen generation tersebut.

Ratifying the Kyoto Protocol

Dibawah Kevin Rudd  Australia akhirnya berhasil menandatangani dan merujuk terhadap Kyoto Protocol.

Quote  yang paling terkenal terkait climate change dan sustainability adalah pernyataan Kevin Rudd

“The greatest moral challenge of our time in 21 century is climate change”.

Menyelamatkan Australia dari GFC 2008

Dibawah Kevin Rudd pula lah Australia bisa selamat dari global financial crisis 2008 karena kebijakan kebijakan yang diambilnya ternyata tepat sasaran, yaitu dengan menjamin 100% bank  bank di Australia, dan memberikan stimulus package lainnya yang menopang ekonomi Australia, sehingga ekonomi Australia tetap kuat sehingga tak tersentuh oleh dampak GFC dan tak ada mass unemployment seperti dinegara negara OECD yang terlanda financial crisis pada tahun itu.

JALAN TERJAL DUNIA POLITIK

Kepemimpinan Kevin Rudd sebagai perdana mentri di Australia bukanlah jalan yang mulus. Kehidupan politiknya dianggap paling terjal, paling kejam dan treacherous dalam sejarah politik Australia.

Bila ada kesalahan fatal yang dilakukan Kevin Rudd sebagai perdana mentri terpilih pada tahun 2007, adalah memilih Julia Gillard sebagai deputy prime minister (wakil perdana mentri). Hanya dua setengah tahun setelah mempercayai Julia sebagai wakilnya, perempuan ini begitu tega menusuk Kevin Rudd dari belakang dan mendepaknya dari kursi perdana mentri pada tahun 2010, lewat sebuah plot yang sampai saat ini rakyat Australia pun masih belum begitu jelas siapa sebenarnya otak yang ada dibelakang penggulingan Kevin Rudd sebagai perdana mentri baru yang belum jua selesai term pertamanya sebagai pemimpin Australia waktu itu.

Alasan alasan pun kemudian dimunculkan bahwa kepemimpinan Kevin Rudd adalah sangat chaotic. Diapun dijuluki captain chaos, control freak dan bahkan psychopatic leader! Benar benar keterlaluan dan kejam hal semacam itu dihujamkan pada seorang perdana mentri baru.

Meski Julia Gillard disambut hangat oleh banyak wanita sebagai perdana mentri wanita pertama Australia, sejalan dengan waktu ternyata bahwa dibawah Julia Gillard, Labor Party mengalami kemunduran dan perpecahan yang sangat melemahkan posisi Labor Party. Dan ketika poll rating nya selalu turun dan Labor Party tak lagi percaya terhadap Julia Gillard akan bisa mengalahkan partai Liberal pada election berikutnya (07 September ), maka pada pertengahan tahun ini (26 June) pun Kevin Rudd diminta kembali untuk mempimpin Labor Party dengan harapan bahwa Kevin Rudd akan dengan mudah mengalahkan Tony Abbott. Namun ternyata kerusakan dan perpecahan ditubuh Labor Party sudah begitu parah sehingga menjadikan kepercayaan rakyat terhadap Labor Party begitu rendah dan berakibat dengan kalahnya Labor Party dalam election bulan September lalu dan Tony Abbott dari Liberal pun jadi perdana mentri.

KIND WORDS FOR KEVIN RUDD

Mundurnya Kevin Rudd membawa banyak simpati baik dari partai Liberal maupun partai Labor. Perdana mentri Tony Abbott mengakui bahwa Kevin Rudd adalah orang yang penuh integritas dan great fellow Australian yang luar biasa. Tony Abbott mengatakan bahwa keberhasilannya mengalahkan John Howard waktu itu bukan hanya sekedar “win” tapi “triumph”.  Mundurnya Kevin Rudd dari politik adalah kehilangan yang sangat besar bagi Australia.

Diantara kind words dari beberapa member of parliement, yang paling menyentuh adalah narasi dari Malcolm Turnbull (Liberal member yang juga pernah memimpin Liberal di oposisi) yang begitu bersimpati pada apa  yang telah terjadi pada Kevin Rudd waktu digulingkan oleh Julia Gillard. Bagi Turnbull hal semacam itu tak terbayangkan bisa terjadi dalam dunia politik di Australia. Itu adalah political move yang paling kejam.

Turnbull juga memuji betapa resillient nya seorang Kevin Rudd dalam menghadapi apa yang dialaminya dalam politik. Waktu Kevin Rudd digulingkan Julia, Turnbull sempat jadi sangat khawatir terhadap Kevin karena Turnbull sendiri mengalami bagaimana rasanya didepak dari pucuk pimpinan, meskipun yang dialami Turnbull jauh lebih fair dan tak ada unsur pengkhianatan seperti yang dialami Kevin Rudd, Turnbull sempat down bukan main. Turnbull juga memuji Kevin Rudd bahwa permohonan maaf national terhadap stolen generation adalah legacy dari Kevin Rudd yang akan terus terukir indah dalam sejarah Australia.

Dan apa peran Kevin Rudd selanjutnya setelah lengser dari federal politic di Australia? Kita tunggu saja. Tapi orang sekaliber dia tentu bisa berguna dikancah international mempromosikan kedamaian dunia dan sustainability bagi planet kita. Semoga!

Oleh : Dian PrameswariKompasiana (14/11/2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s