Zona Berita

Unjuk Rasa ‘GAM’ Desak Pemerintah Aceh Atasi Kemiskinan

Peta AcehANDA ACEH – ZONADAMAI.com:  Gerakan Aksi Mahasiswa (GAM) menilai Pemerintah Aceh belum secara maksimal meningkatkan kesejahteraan rakyat, sehingga angka kemiskinan dan pengangguran terus bertambah.

Sarima Arma, saat menyapaikan orasinya pada aksi unjuk rasa di Banda Aceh, Rabu (13/11/2013) menyatakan, angka kemiskinan di Aceh terus meningkat, hal ini membuktikan bahwa Pemerintah Aceh belum mampu menyejahterakan rakyat.

Dalam aksi diikuti sekitar 20-an pengunjuk rasa, massa GAM yang tiba di bundaran itu, langsung membentangkan spanduk bertuliskan “Aceh Ladang Kemiskinan”, dan “Pemerintah Aceh Gagal Menyejahterakan Rakyat “Apalagi baru-baru ini ada pemberitaan media cetak bahwa sekitar 24 ribu orang di Aceh menjadi pengangguran. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Aceh tidak mampu membuka lapangan pekerjaan,” tegas Sariman Arma, hari ini.

Padahal, lanjut dia, dana otonomi khusus yang dikucurkan ke Aceh setiap tahunnya meningkat, namun kenyataannya masyarakat Aceh masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Oleh karena itu, sebut dia, GAM menuntut Pemerintah Aceh segera menuntaskan masalah kemiskinan. Pemerintah Aceh juga harus mampu membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

“Kami juga mendesak Pemerintah Aceh berkomitmen meningkatkan kinerja yang memihak rakyat. Jika tuntutan ini tidak ditanggapi, maka kami akan kembali berunjuk rasa secara besar-besaran,” kata Sariman Arman.

Usai menyampaikan tuntutannya, massa GAM menggelar teater jalanan. Massa akhirnya membubarkan diri setelah berunjuk rasa kurang dari satu jam di bundaran padat lalu lintas tersebut. [Antara]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s