Zona Berita

Gubernur Himbau warga Papua Hormati Para Pahlawan

upacara bendera di JayapuraJAYAPURAZONADAMAI.com: Gubernur Papua Lukas Enembe,S.I.P.,M.H.,  menandaskan, sejarah telah mencatat bahwa perjuangan untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang saat ini adalah menjadi bangsa berdaulat dan terhormat adalah bukan hadiah atau pemberian dari pihakmanapun, tetapi melalui proses perjuangan yang sangat panjang, heroic dan disertai dengan pengorbanan yang luar biasa dari para pejuang dan para pejuang pahlawan pendahulu.

“Oleh karena itu, kita harus memaknai peringatan hari Pahlawan bukan hanya sekedar ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahas Esa, tapi sekaligus sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat diinsipisrasi oleh para pejuang kita yang telah gugur di medan laga,” ungkap Enembe  saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Salim Segaf Al Jufri, dalam Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Papua, di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Senin, (11/11/2013).

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2013, yang mengambil tema ‘Pahlawanku Idolaku’, adalah untuk mengingatkan kembali kepada kita semua dan bagi generasi muda khususnya sebagai penerus cita-cita agar nilai perjuangan yang telah dibangun tidak boleh dilupakan sampai kapanpun.

Rakyat harus menyadari bahwa dinamika perubahan yang berkembang dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara saat ini masih menyisakan berbagai permasalahan, seperti kemiskinan, ketelantaran, pengangguran, korban bencana, konflik antar warga dan masalah-masalah lain yang dapat mengganggu kelangsungan keharmonisan berbangsa dan bernegara di semua aspek.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, kita harus bahu membahu dan bersama-sama melakukan segala upaya agar impian dan harapan menjadi Negara Indonesia yang berdaulat, adil, makmur dan sejahtera dapat menjadi kenyataan. Oleh karna itu, modal sosial yang harus kita perkuat adalah menjaga jati diri sebagai bangsa yang hebat untuk membangun negeri yang lebih kuat, kokoh dan harmonis didalam bingkai NKRI.

“Semangat kepahlawanan dan kejuangan yang direpresentasikan dalam bentuk cinta tanah air, pantang menyerah, peduli dan berbagi serta toleransi harus menjadi sumber motivasi untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menyelesaikan semua masalah yang kita hadapi diwaktu kini dan mendatang,” pungkasnya. [bintangpapua.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s