Zona Berita

Anggota DPR Papua ke Eropa Diketahui Mendagri

ombudsmanJayapura-ZONADAMAI.com:  Puluhan anggota DPRP berangkat menuju benua Eropa. Mereka berencana akan mengunjungi sejumlah negara seperti Belanda dan Jerman. Anggota DPRP yang menuju Belanda dikabarkan hendak belajar hukum. Sebenarnya kabar keberangkatan sejumlah anggota DPRP sudah santer sekitar 2 minggu lalu. Namun, karena saat itu belum berangkat, kebenarannya belum valid.

Sekretaris DPRP Juliana J Waromi saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu, mengenai keberangkatan sejumlah anggota dewan itu, malah mengakui sama sekali tidak mengetahuinya. ‘’Saya tidak tahu mengenai halitu,’’singkatnya kala itu.

Bahkan keberangkatan anggota dewan itu ternyata bukan hanya ke Eropatapi juga ke New Zeland. Anggota DPRP dikabarkan ke negeri itu guna mengunjungi universitas yang ada disana.

Salah seorang anggota DPRP yang namanya tercantum dalam rombongan namun namanya enggan disebut, membenarkan keberangkatan sejumlah anggota dewan di Eropa dan New Zeland. ‘’Rencananya mengunjungi 3 negara yakni Jerman, Belanda dan New Zeland,’’ucapnya.

Menurutnya, sejumlah anggota dewan yang menuju Belanda hendak belajar tentang hukum disana, sementara ke Jerman tidak ada penjelasan.

‘’Kalauke Belanda katanya mau belajar hukum sedangkan Jerman saya kurang tahu secara jelasnya, sementara ke New Zeland guna mengunjungi universitas di sana,’’ucapnya.

Keberangkatan sejumlah anggota DPRP ini, sambungnya, direncanakan secara tiba-tiba.

‘’Yang saya tahu, berangkatnya dadakan,’’imbuhnya. Adapun dana yang dikeluarkan guna memberangkatkan sejumlah anggot DPRP itu diperkirakan menghabiskan dana APBD puluhan milliar rupiah.

‘’Yang saya tahu, setiap anggota dapat uang saku Rp100 juta diluar uang transportasi dan akomodasi,’’jelasnya.

Ketua Ombusdman Republik Indonesia perwakilan Papua, Iwangi Sabar Olip kepada wartawan, Senin 11 November 2013 mengatakan, seharusnya para anggota dewan yang berangkat ke berbagai negara itu, menjabarkan secara jelas sumber dana yang digunakan untuk keberangkatan, apakah itu dari APBD atau APBN.

“Tidak terbukanya anggota dewan itu, maka ada dugaan terjadi mall administrasi, yakni menggunakan jabatan melebihi kapasitas,”ucapnya.

“Jadi tujuan mereka kesana itu untuk apa. Lantas pulang dari sana, hasil yang mereka bawa apa, untuk apa, kemana dan gunanya apa. Mestinya perlu ada penjelasan kepada masyarakat, karena semua harus transparan. Apalagi yang bersifat kepentingan umum, publik,”paparnya.

Di era transparan, harunya ada penjelasan kepada masyarakat, jika memang betul-betul mencintai negara, pemerintah dan rakyat. “Jangan lagi dengan paradigma lama, semua tertutup,”singkatnya.

Diketahui Mendagri

Menanggapi kecurigaan sementara pihak, Wakil Ketua I DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan perjalanan 50-an orang Anggota DPR Papua itu sudah diketahui oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

“Pasport biru yang kami gunakan untuk perjalanan dinas ini diketahui oleh Mendagri dan Kementrian Luar Negeri. Perjalanan ke luar negeri juga bukan tanpa tujuan. Karena perjalanan kami kesana untuk melihat perkembangan siswa Papua yang disekolahkan di negara tersebut. Program perjalanan ke luar negeri ini juga telah diagendakan sejak 2012 lalu,” jelasnya kepada wartawan di Jayapura, Selasa (12/11/2013).

Lanjut Yunus, sebagian anggota dewan sudah melakukan perjalanan ke Jerman, dipimpin oleh Ketua DPR Papua, Deerd Tabuni. Kemudian rombongan ke Belanda akan berangkat pada 16 November dan rombongan ke Selandia Baru akan berangkat pada tanggal 20 November.

“Saya berharap masyarakat Papua dapat mengecek manifes keberangkatan, guna mengetahui berapa sebenarnya jumlah anggota yang jadi berangkat ke Luar Negeri. Sebab tidak semua anggota dewan ikut dalam perjalanan ini. Kepergian kami bukan tanpa tujuan, rakyat Papua bisa menilai, sebab kami ingin melihat kemajuan anak asli Papua yang disekolahkan di sana, diantaranya ada sekitar 60 anak asli Papua yang disekolahkan di Jerman,  kemudian ada 7 anak sekolah di Belanda dan 18 anak di Selandia Baru,” ujarnya.[bintangpapua.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s