Zona Berita

20 Miliar, Alokasi Dana Pembangunan Rumah Guru di Papua

Salah satu contoh rumah guru di Sota, perbatasan Merauke-PNG. Foto: Khatarina Lita

Salah satu contoh rumah guru di Sota, perbatasan Merauke-PNG. Foto: Khatarina Lita

Jayapura-ZONADAMAI.com: Dinas Pendidikan Provinsi Papua mengalokasikan dana Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar untuk membangun rumah guru dan kepala sekolah di setiap kabupaten. Anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan itu diperkirakan mencapai Rp 20 miliar untuk 20 kabupaten,

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda mengatakan, dana pembangunan rumah guru dan kepala sekolah di setiap kabupaten alokasinya bervariasi, tergantung dari kondisi geografis kabupaten tersebut.

“Ada berapa sekolah sudah bangun rumah guru termasuk rumah kepala sekolah. Tahun ini juga akan bangun, hampir di 20 kabupaten lebih itu masuk di masing-masing kabupaten. Kabupaten satu, dua rumah guru dengan satu rumah kepala sekolah. Satu rumah guru 800- 1 miliar, termasuk asrama,” jelas Elias Wonda di Jayapura, Kamis (7/11/2013).

Komisi Pendidikan DPR Papua mengklaim walaupun pemerintah setempat telah memberikan fasilitas bagi para guru seperti perumahan, tetap saja fasilitas itu tidak digunakan dengan baik. Apalagi saat ini lebih banyak guru yang dikontrak dan jumlahnya hingga ribuan. Namun dalam kenyataannya, kinerja para guru di lapangan tak pernah ada di tempat.

Komisi ini mendesak harus ada sanksi tegas yang diberikan bagi para guru yang meninggalkan tempat tugasnya.   [portalkbr.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s