Zona Berita

Ribuan Aparat Dikerahkan Amankan Pilkada Mimika

KAPOLDAaaJayapuraZONADAMAI.com:  Sekitar 1000 aparat TNI/Polri dikerahkan mengamankan jalannya Pemilukada Kabupaten Mimika Papua, yang direncanakan hari ini Kamis 10 Oktober akan memasuki tahapan pencoblosan. Hal itu ditandaskan Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian.

“Guna pengamanan jalannya pencoblosan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Mimika, sekitar 1000 personil gabungan TNI/Polri dikerahkan, bahkan pengerahan sudah dilaksanakan sejak H-3,”ujar Kapolda kepada wartawan, Rabu 9 Oktober 2013.

Seribuan personil itu akan ditempatkan disejumlah wilayah yang dianggap memiliki potensi rawan terjadinya gangguan. “Ada beberapa titik yang dianggap rawan, disana personil diplot lebih banyak,”ungkapnya tanpa menyebut titik mana saja.

Kapolda mengatakan, meski ada beberapa elemen masyarakat, yang meminta pelaksanaan pemilukada pemungutan suarat ditunda sementara, tapi pihaknya mengklaim secara keseluruhan situasi sangat  kondusif. “Ada beberapa elemen yang minta pencoblosan ditunda, tapi kami jamin keamanan. Bagi elemen yang ingin menunda dan tidak sepakat dengan KPU, didorong untuk melakukan upaya hukum, dengan melapor ke DKPP,”tegasnya.

Kapolda mengatakan, meski ada desakan sejumlah elemen, tapi KPU seperti tetap akan melaksanakan pemungutan suara. “Saya melihat KPU tetap akan melaksanakan pemilukada sesuai jadwal yang sudah ditetapkan,”jelasnya.

Untuk pengamanan Pemilukada Mimika, personil dari Polda Papua dikerahkan sekitar 350, kemudian dari polres lebih kurang 500-an dengan TNI yang standby lebih kurang 200-300 orang. Total lebih kurang 1100.

Kapolda Papua Tito Karnavian menyatakan, Selasa  malam, 10 dari 11 pasangan calon yang ikut dalam Pemiulkada, telah menandatangani deklarasi damai untuk pelaksanaan pilkada tersebut.

Pemilukada Kabupaten Mimika yang dijadwalkan 8 Oktober mendatang, diundur menjadi 10 Oktober, karena ada verifikasi ulang dua kandidat yang menang dalam putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)  Jayapura, yakni pasangan Longginus Kareyou-Haji Armoniati Arifudin dan  Markus

Timang-Leonard Likapoka, yang keduanya ikut dalam pilkada tersebut lewat jalur perseorangan.

Jumlah pemilih dalam pemilihan kepala daerah tersebut  223.470 pemilih, akan atau naik sekitar 47 ribu dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Februari 2013 lalu yang berjumlah 175.000 pemilih.

Kabupaten Mimika merupakan kabupaten terkaya di Indonesia dengan APBD setiap tahunnya sekitar Rp 1,4 Triliun. Di kabupaten ini juga terdapat tambang emas terbesar di dunia PT Freeport Indonesia dengan jumlah karyawan mencapai 22.000 orang. [bintangpapua.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s