Zona Ekonomi

Negosiasi Saham Freeport, Negara Hanya Dijatah 15%

Zona Damai: Walaupun belum nyata negosiasi antara pemerintah Indonesia dengan PT. Freeport, mengemuka beberapa kesepakatan. Pemerintah Indonesia diberikan saham sebesar 15 persen. 10 persen harus dibeli dari freeport, sedangkan 5 persen di jual ke publik. Tak hanya negara Indonesia, petinggi freeport pun ikut secara pribadi membeli saham perusahaan ini.

Pasar komoditas dapat menjadi bisnis yang berisiko. Namun kabar mengejutkan seketika orang dalam sendiri membeli saham perusahaan. Dua anggota dari “jajaran FCX” membeli 1,5 juta saham senilai lebih dari $ 42.800.000. Ketua FCX James Moffett membeli satu juta saham dengan harga lebih dari $ 28.500.000. Dan Wakil Ketua James Flores membeli 500 ribu lembar saham dengan nilai $ 14.320.000

Negosiasi saham bagi negara Indonesia, menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan bahwa PT freeport Indonesia akan melepas saham kurang lebih sebesar 15 persen, yang diharapkan segera dilakukan dalam waktu dekat. “Mereka akan mengeluarkan kembali kurang lebih sebesar 10 persen saham ex-Indocopper ke pemerintah, dan sebesar lima persen dari saham induk untuk dilepas ke publik,” kata Hidayat setelah sesaat menerima pimpinan PT Freeport Indonesia, di Kementerian Perindustrian. Hidayat menjelaskan, sebesar 10 persen saham ex-Indocopper tersebut nantinya akan dibeli oleh pemerintah Indonesia, namun masih belum diputuskan apakah pemerintah pusat, daerah, atau Badan Usaha Milik Negara yang akan membeli saham tersebut.

Langkah Positif

Tindakan pembelian dan negosiasi saham mendapat tanggapan beragam dari analis ekonom perusahaan besar. Beberapa analis berpikir bahwa emas dan logam lainnya mungkin akan rebound karena lebih lambat dari yang diharapkan pemulihan ekonomi. Dan banyak orang semakin takut bahwa pasar saham telah mencapai puncaknya dan karena untuk koreksi yang akan mengirim logam yang lebih tinggi.

Survey yang dilakukan oleh 14 dari 20 analis merekomendasikan jual beli saham perlu dilakukan untuk menjaga stabitas pendapatan perusahaan ini. Dan target harga berkisar dari yang rendah sebesar $ 23 ke level tertinggi sebesar $ 45. Dengan tawaran sejak penutupan senilai $ 29,21. Bagi mereka, meskipun pendapatan FCX kurang untuk sisa tahun 2013 (triwulan September), dengan jual beli saham yang dilakukan freeport, pendapatan pada FCX dapat melompat secara dramatis.

Ketika orang dalam sendiri ikut beli saham perusahaan penting untuk di catat. Terutama ketika mereka membeli sejumlah besar saham. Kebanyakan investor akan setuju bahwa kedua orang (petinggi freeport) mungkin berpikir perusahaan adalah undervalued oleh pasar. Menurut Matt Dilallo, FCX berencana untuk mengambil keuntungan dari lonjakan harga minyak dan menjual beberapa aset berharga.

Freeport saat ini memiliki sekitar $ 20500000000 total utang, mereka berencana mengurangi menjadi $ 12 miliar selama tiga tahun ke depan. Untuk sampai ke sana, perusahaan memutuskan bahwa yang dibutuhkan untuk menjadi sedikit lebih agresif, fakta bahwa dua dari komoditas utama tembaga dan emas, jatuh harga dan mengurangi pendapatannya. Rencana perseroan sekarang adalah untuk memotong sekitar $ 1,9 miliar pada pengurangan biaya modal dan penangguhan proyek, serta melihat untuk menjual beberapa asetnya.

Freeport-McMoRan Copper & Gold (FCX) memiliki beberapa masalah serius akhir-akhir ini. Insiden “mengerikan” adalah kecelakaan pada terowongan di Indonesia menutup produksi dan pendapatan terkena dampak negatif. Dan pada kuartal dua (Q2 2013) laba bersih per saham turun menjadi 49 sen dari 74 sen tahun lalu.

Saat ini, dewan direksi freeport pusat terdiri dari 15 anggota, termasuk 11 direktur independen, yang memiliki beragam perspektif dan pengalaman dalam industri pertambangan dan migas, geologi, bisnis, keuangan, ekonomi, akuntansi dan urusan publik. Salah satu direktur independen kami, Gerald J. Ford, menjabat Direktur Independen. FCX juga memiliki empat Direktur Penasehat yang memberikan saran kebijakan umum untuk Dewan Direksi. James R. Moffett menjabat sebagai Ketua Dewan, Richard C. Adkerson menjabat sebagai Wakil Ketua, Presiden dan Chief Executive Officer FCX dan James C. Flores menjabat sebagai Wakil Ketua FCX dan Chief Executive Officer Freeport-McMoRan Oil & Gas. Tuan Moffett, Adkerson dan Flores terdiri dari Kantor FCX terhadap Ketua.

Negara Kalah!

Jual beli saham freeport kepada Negara Indonesia yang hanya 15 persen, fakta bahwa Negara ini telah kalah total hadapi raksasa logam berharga. Padahal, intrumen dasar negara sudah jelas sekali. Pasal 33 UUD 1945 mengharuskan di jalankannya di sector pertambangan dengan mengacu pada UU Minerba lalu klausul saham 3,75 persen saham asing pada peraturan pemerintah N0.45 2012.

Hasilnya: saham negara yang besar berupa tanah yang didalamnya terkandung logam berharga, toh, dapatnya 15 persen. Itu juga saham lama yang di beli kembali dari freeport.

Tak ku sangka, 15 aktor di tubuh freeport lebih hebat ketimbang pejabat negara Indonesia yang di gaji dari uang rakyat. Bahkan mentalitas negara yang mandul akibat penyelenggaranya tukang pinjam uang dari luar negeri, bikin kemauan menegakkan konstitusi semakin jauh dari cita cita.

Di saat Venezuela nasionalisasi aset asing, Indonesia malah mengemis saham. Tentu, beli saham freeport 10 persen itu, pemerintah menggunakan dana utang luar negeri. Sebut saja  dua ribu trilyun lebih saat ini, utang luar negeri di pakai lagi untuk beli saham perusahaan asing.

Contoh nyata negara yang berfungsi sebagai satpam diskotik atau tukang pemalak pajak dari bisnis, anda simak saja dinamika hari ini antara pemerintah dan PT.freeport. Masih bangga punya negara?

Oleh : Arkilaus Baho / Kompasiana : http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2013/08/03/negosiasi-saham-freeport-581521.html

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s