Zona Editorial

Pelajaran Berharga dari Pembakaran Proposal Warga

1374037566455605974Gubernur Papua Lukas Enembe membakar ribuan proposal bodong (Foto : http://www.portalkbr.com)

Zona Damai: Ini adalah pelajaran berharga bagi semua warga Indonesia, khususnya bagi mereka yang gemar ‘berjualan’ proposal kemiskinan ke Pemerintah untuk mendapatkan bantuan. Apalagi dengan kenaikan harga BBM. Situasi ini bisa menjadi alasan untuk meminta belaskasihan dari berbagai pihak.

Baru-baru ini, Gubernur Papua Lukas Enembe dengan sedikit ekspresi marah membakar ribuan proposal masyarakat yang dikirim masyarakat kepada Pemprov Papua untuk meminta bantuan. Bahkan aksi pembakaran itu disaksikan sejumlah masyarakat yang datang ke kantornya untuk menanyakan nasib proposal mereka.

Koran lokal Bintang Papua melaporkan, jumlah proposal yang dibakar sendiri oleh Gubernur tanggal 12 Juli lalu itu mencapai 10 ribu proposal.

“Orang Papua tidak miskin. Orang Papua punya kekayaan alam. Proposal itu dimasukkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tidak boleh dengan proposal justru menciptakan konflik antara satu masyarakat dengan masyarakat lain,” tegas Lukas kepada wartawan yang mengkonfirmasi tindakannya itu.

Penipuan

Usut punya usut, ternyata proposal-proposal itu awalnya berasal dari tersebarnya blanko isian ke warga untuk meminta bantuan ke Pemprov Papua. Entah apa motif di balik penyebaran blanko itu, dalam tempo sekitar dua bulan Kantor Gubernur Papua dibanjiri 18 ribu proposal.

“Bisa dilihat kalau format dan modelnya sama semua,” kata Gubernur.

Gubernur menegaskan proposal palsu adalah bentuk penipuan luar biasa yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab untuk menjatuhkan Gubernur dan Wakil Gubernur. Pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian guna melakukan penyelisidikan tentang siapa pelaku penyebar blangko proposal ini.

Solusi bijak

Kendati marah namun Gubernur juga sudah memikirkan langkah-langkah darurat untuk menolong warganya agar bisa keluar dari kesulitan hidup. Bisa saja blanko proposal memang disebar oleh sekelompok orang dengan motif tertentu, tetapi mereka yang mengajukan proposal benar-benar sedang membutuhkan bantuan. Agar bantuan nanti tidak jatuh ke tangan yang salah, Gubernur perintahkan jajaran di kabupaten/kota menginventarisasi mama-mama pedagang asli Papua yang punya modal dan sudah biasa duduk di pasar yang bawa jualan dan duduk di kios.

“Nanti pemerintah akan memberi kredit, ada lembaga penjamin kredit yang akan diresmikan bulan ini,” ujar Gubernur.

Terkait pemberian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), gubernur Lukas Enembe pada kesempatan lain meminta warganya untuk mengikuti aturan yang berlaku. “Masyarakat yang mendapat BLSM pasti namanya sudah tercatat di kelurahan, dan jangan lagi bilang itu gubernur yang bagi. Apa yang sudah diberikan Negara itu yang harus disyukuri. Jangan ada lagi tambahan-tambahan di luar aturan dengan cara yang tidak baik. Selama 3 bulan ini saya sudah ambil sikap tegas. Proposal saja saya bakar, kok. Bakar Proposal itu tandanya kita kubur kemiskinan di Papua. Papua itu kaya dengan sumber daya alam kenapa mau pura-pura miskin,” ujar Gubernur tegas.

Viktor Krenak/ Kompasiana : http://regional.kompasiana.com/2013/07/17/gubernur-bakar-proposal-warga-577546.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s