Zona Berita

Renegosiasi Kontrak Tak Kunjung Deal, Ini Kata Bos Freeport

https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2013/06/19/4/163516_rozik.jpgJakartaZona Damai : Pemerintah tahun ini memfokuskan untuk melakukan renegosiasi kontrak tambang emas untuk Freeport Indonesia di Papua. Kenapa renegosiasi kontrak ini tak kunjung rampung?

“Renegosiasi sudah berjalan selama 1 (satu) tahun, dimulai sejak Februari 2012, bahkan sudah dikeluarkan Keppres Nomor 3 Tahun 2012 tentang pembentukan Tim Evaluasi Kontrak Karya, dan kami atau induk perusahaan kami sudah bersurat ke Menko Perekonomian tentang kesiapan kami untuk melakukan renegosiasi dan telah berlangsung,” kata Presiden Direktur Freeport Indonesia Roziq B. Soetjipto di Kantor DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Status terakhir, kata Roziq, Freeport telah membahas 6 pokok permasalahan yang diminta untuk direnegosiasi. “Untuk masalah penerimaan negara (royalti) kami sudah mengajukan kebersediaan untuk mengikuti ketentuan yang berlaku sekarang, dilakukan penyesuaian sama dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Bahkan mengenai pajak korporasi yang diminta pemerintah sebesar 35%, Freeport Indonesia bersedia memenuhinya.

“Memang semua dipermasalahkan oleh induk perusahaan kami dengan ketentuan yang berlaku sekarang adalah 25%, jadi ada penurunan 10%, tapi kami sudah menyatakan kesediaan untuk tetap berpegang pada 35% tadi, jadi 10% di atas ketentuan yang berlaku secara umum,” kata Roziq.

Terkait pengurangan luas wilayah tabang yang diminta, Freeport secara khusus sudah menyampaikan kepada kantor Dirjen Mineral dan Batubara mengenai luas wilayah.

“Itu penyusutan wilayah dari yang sekarang digunakan perusahaan jadi satu wilayah yang minimal kami butuhkan untuk operasi produksi, 10.000/hektar plus wilayah yang dibutuhkan sebagai pendukung dan beberapa potensi SDM yang masih mungkin,” ujarnya.

“Status terakhir dari luas area Freeport 212.000 hektar, posisi terakhir kami saat ini 148.000 hektar,” tandasnya. [detik.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s