Zona Berita

Kelompok Buchtar Tabuni Merayakan 1 Mei di depan Halaman Gereja Kingmi Sentani

Orasi dan Ibadah Bersama peringatan 1 MeiSentaniZona Damai : Sekelompok orang Papua yang tergabung dalam Parlemen Nasional West Papua (PNWP) dengan koordinatornya Buchtar Tabuni, Selasa (1/5/2013) memperingati 1 Mei dengan cara beribadah dan berorasi.

Kegiatan itu dilaksanakan di Kampung Harapan, Lapangan depan Kantor Klasis Jayapura (KINGMI), Sentani, Kabupaten Jayapura. Semula acara itu hendak digelar di lapangan makam Theys di Sentani kota, tapi tidak mendapat izin dari aparat keamanan setempat.

“Jadi, kami tidak diberikan ruang gerak yang bebas. Tapi, pertama saya berikan apresiasi kepada Kapolda Papua, Irjend Pol. Drs. M. Tito Karnavian, dikarenakan dia (Kapolda) sangat bijak untuk memfasilitasi rakyat Bangsa Papua Barat dalam hal menyampaikan pendapat walaupun tempatnya tertutup. Tapi, bagi kami tidak ada masalah yang terpenting adalah kami bisa menyampaikan pendapat tentang Hari Aneksasi Bangsa Papua Barat ke dalam NKRI, atau pada 1 Mei 2013 hari ini,” ucap Buchtar Tabuni.

Terkait peringatan 1 Mei, Buchtar Tabuni menyampaikan, dalam sidang Parlemen 1 memutuskan dan menetapkan bahwa Papua adalah zona penegakan Hak Asasi Manusi (HAM) Pribumi Papua Barat, yakni dideklarasikan bertujuan sebagai jembatan untuk pemerhati HAM baik dari PBB maupun LSM lain guna berkunjung ke Papua Barat.

Kepada seluruh warga Papua, Buchtar berharap tetap tenang dan berbicara Merdeka bukan karena jabatan, uang, pendidikan, kesejahteraan maupun pembangunan, tapi berbicara Merdeka adalah merupakan hak politik bagi Bangsa Papua Barat. Soal pembangunan kesejahteraan, menurutnya sudah merupakan kewajiban pemerintah.[***]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s