Zona Berita

ADKERSON AKUI FREEPORT BUAT KEMAJUAN NEGOSIASI KONTRAK KARYA

CEO Freeport McMoran, Richard Edkerson

CEO Freeport McMoran, Richard Edkerson

JAYAPURA-Zona Damai:  Meski negosiasi Kontrak Karya antara Freeport-McMoRan Copper & Gold dan pemerintah Indonesia belum bisa diselesaikan, namun negosiasi berlangsung secara produktif. Sekalipun proses yang tidak berlangsung dengan cara yang terorganisir belum memberikan kesimpulan untuk Kontrak Karya tersebut.

Sumber tabloidjubi.com di Washington, US melaporkan jika CEO Freeport-McMoRan Copper & Gold, Richard Adkerson, dalam pertemuan dengan para investor dan analis untuk membahas hasil kuartal pertama Freeport-McMoRan Copper & Gold, mengaku jika Freeport telah membuat kemajuan dalam menemukan pijakan yang dapat diterima bersama untuk sejumlah isu. Adkerson juga mengatakan Freport akan terus bekerja untuk secepatnya mendapatkan hasil negosiasi mengingat semakin dekatnya Pemilu Presiden Indonesia.

“Kami telah melakukan diskusi yang produktif, tetapi prosesnya belum terorganisir untuk mendapatkan kesimpulan,” kata Richard Adkerson, di Washington, Kamis (18/4/2013).

Freeport-McMoRan berharap untuk memperpanjang tanggal berakhirnya kontrak karya 2021-2041. Namun pemilihan presiden Indonesia yang dijadwalkan pertengahan 2014 membuat beberapa analis khawatir bahwa pemerintah baru mungkin cenderung tidak memberikan perpanjangan.

Freeport-McMoRan memiliki 90% dari kompleks tambang tembaga-emas di Grasberg yang dianggap sebagai tambang tembaga terbesar kedua di dunia.

Sementara itu, kontrak kerja Freeport-McMoRan dengan pekerja tambang akan berakhir pada bulan September 2013. Menurut hukum Indonesia, perjanjian kerja harus diratifikasi setiap dua tahun.

Mengenai hal ini, Adkerson mengatakan negosiasi formal dengan para pemimpin buruh akan dimulai pada tanggal 1 Mei 2013. “Para pemimpin serikat pekerja, tokoh masyarakat dan lain-lain sepakat menghindari pemogokan tahun ini, dan tentunya itu adalah tujuan kami,” katanya. (Jubi/Victor Mambor)

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s