Zona Berita

Presiden Alokasikan Dana Khusus Rp 1,3 triliun Untuk Pembangunan Papua

Foto : Suku Koroway di Kabupaten Mappi, yang merupakan salah satu suku tertinggal di Papua. Banyak suku di Papua yang luput dari perhatian pemerintah, sehingga warganya meninggal karena kelaparan dan tak mendapat pelayanan kesehatan

JAKARTA – Zona Damai : Kepala Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (UP4B) Bambang Darmono mengatakan pada tahun 2013 dana APBN yang dialokasikan untuk Percepatan Pembangunan Provinsi Papua Rp 33 triliun sedangkan Papua Barat Rp 14 triliun.

Menurut dia dari alokasi dana tersebut, UP4B telah mempersiapkan kegiatan atau program yang akan segera direalisasikan untuk mempercepat pembangunan provinsi Papua dan Papua Barat.

Dia mengatakan selain dana dari APBN tahun ini ada penambahan dana yang berasal dari direktif presiden sebesar Rp 1,3 triliun. Menurut dia dana direktif presiden ini akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan transportasi, ketenagalistrikan, pembangunan depo BBM untuk menurunkan biaya kemahalan di pegunungan tengah dan pengembangan agropolitan ternak sapi di Papua Barat.

“Sekarang sudah kuartal 1, kami harus fokus untuk segera merealisasikan program 2013 agar bisa dicapai sebelum program 2014 disusun,” ujar dia saat ditemui dalam acara “ Rapat Koordinasi Khusus Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat” di Gedung Bappenas, Jakarta, Rabu (17/4).

Menurut dia program khusus tahun 2013 adalah mengembangkan ternak sapi di wilayah pegunungan tengah dengan kapasitas 10.250 ekor, mengembangkan agroindustri perkebunan sagu di Sorong Selatan, memberikan beasiswa kepada 600 siswa Orang Asli Papua (OAP) pada 39 Perguruan Tinggi Negeri serta memberikan afirmasi pendidikan kedinasan dengan rincian akademi TNI 45 orang, POLRI 45 orang, Penerbang 40 orang, Perindustrian 10 orang serta STAN 210 orang.

Dia menambahkan contoh program lain adalah membuat rancangan Perpres Pembangunan jalan strategis (Jalan Trans Papua dan Papua Barat), pembangunan dan peningkatan 9 buah bandara dan 79 buah lapangan terbang perintis, pembangunan dan peningkatan 6 buah pelabuhan laut dan 23 dermaga di Papua dan Papua Barat serta membangun depo BBM tahap 1 di Mumugu, Suator, Tanah Merah dan Teminabuan.

“Semua program ini adalah target yang ingin kami capai, karena jika target ini tercapai maka pemerataan pembangunan di Papua dan Papua Barat bisa terwujud,” ujar dia. Penulis: DHO/FMB

[BeritaSatu]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s