Zona Berita

Gubernur Jangan Lupa Libatkan MRP

Gubernur Papua Lukas EnembeJAYAPURAZona Damai:  Rencana Gubernur Papua Lukas Enembe melakukan perubahan kontrak karya PT. Freeport,   mendapat dukungan Pokja Adat MRP karena MRP merasa masyarakat adat  yang mempunyai hak  ulayat,  dimana beroperasinya Tambang PT. Freeport tidak mendapatkan apa apa. “Dana dana yang disebut satu persen yang diberikan PT. Freeport  kepada masyarakat juga  bentuknya tidak jelas,  dimana perhitungan satu persen itu dari semua tak jelas,” ujar Yacobus Dumupa di Kantor MRP, Kamis(18/4/2013).

Dikatakan, PT. Freeport selama ini tidak transparan menerangkan nominal satu persen itu seperti apa hingga yang sampai ke masyarakat pemilik ulayatpun seperti apa tidak diketahui. Berdasarkan fakta- fakta di lapangan, MRP mendukung kebijakan yang diambil Gubernur Lukas  Enembe untuk meninjau ulang kontrak karya PT. Freeport.

Namun Yacobus mengatakan, dalam melakukan peninjauan ulang Kontrak Karya  dengan PT. Freeport, Pemda provinsi Papua perlu melibatkan Majelis Rakyat Papua, karena anggota anggota MRP merupakan perwakilan dari masyarakat adat teruatama dari wilayah wilayah yang  dimana Kontrak Karya dengan PT. FI dilakukan.

“ Perlu kami tegaskan bahwa, saatnya untuk orang papua mendukung sikap Gubernur Papua, kemudian bahu membahu  agar proses peninjauan ulang   Kontrak Karya dengan PT. FI dapat berjalan dan orang papua tidak perlu takut mengingat sudah bertahun tahun lamanya orang papua tidak pernah menyinggung hal ini, sebaliknya orang papua justru dibodohi, ditipu, kekayaan alamnya diambil, lantas kita tak mendapatkan apa apa. Karena itu saatnya berapapun jumlahnya yang harus kami dapatkan bentuk apapun kita harus bicara”, ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan “Kami mohon kepada PT. Freeport  untuk membuka diri dan transparan kepada rakyat papua khususnya terbuka kepada permintaan Gubernur Papua”. [Bintang Papua]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s