Zona Berita

Dubes New Zeland Sependapat Papua Sudah Berubah Lebih Baik dalam Dekade Terakhir Ini

Wakil Kepala UP4B menyerahkan Buku Laporan Akhir UP4B Tahun 2012 kepada Duta Besar New Zeland  untuk Indonesia

Jayapura-Zona Damai: Duta Besar New Zeland (NZ) untuk Indonesia H.E. David Taylor menyatakan sependapat dengan sebuah pandangan yang mengatakan bahwa Papua sudah berubah lebih baik dalam satu dekade terakhir ini. Pemerintah New Zeland akan terus mengikuti setiap perkembangan dan siap mendukung program Pemerintah Indonesia dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Pernyataan itu disampaikan Dubes ketika melakukan kunjungan ke Kantor UP4B di Jayapura Senin 15/4/2013. Kunjungan yang diterima Waka UP4B E. Fonataba tersebut dimanfaatkan untuk membangun komunikasi lebih intens dengan UP4B.

Dalam kesempatan itu, Dubes juga menyampaikan beberapa tawaran, diantaranya tentang rencana pemberian beasiswa terutama bagi pendidik dan dosen Orang Asli Papua untuk melanjutkan pendidikan tingkat Strata 2 dan Strata 3 di New Zeland dan bantuan sebesar Rp 180 juta untuk program komunitas dan pemberdayaan masyarakat. Untuk program pemberdayaan, penyaluran dana berdasarkan pengajuan proposal. “Mohon untuk program pemberdayaan ini, UP4B dapat membantu menjembatani”, kata H.E David Taylor.

“Sesuai tugas yang diberikan oleh Bapak Presiden RI, tugas kami terbatas pada Koordinasi dan Fasilitasi Perencanaan serta Pengendalian dan Evaluasi. UP4B berperan sebagai pengawal untuk memastikan bahwa semua program dan kegiatan yang sudah disepakati oleh Kementerian/Lembaga di Tingkat Pusat bersama Pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat terlaksana. Kewenangan kami adalah meminta informasi dan bila ada ketidaksepakatan atau kendala dalam program-program percepatan pembangunan, maka adalah tugas kami untuk menjembatani ketidaksepakatan tersebut,” jelas Wakil Kepala UP4B.

“Pimpinan kami Bapak Bambang Darmono dan seluruh Staf Personel UP4B sudah bekerja maksimal dan banyak yang telah unit ini hasilkan terutama dalam mendorong upaya percepatan pembangunan. Khusus Program  Infrastruktur Jalan yang akan diturunkan langsung dalam bentuk Peraturan/Instruksi Presiden adalah Pembangunan jalan dari Asmat ke Wamena dan ruas-ruas jalan lain diseluruh Tanah Papua adalah hasil koordinasi dan kerja keras UP4B. Selain itu, program dibidang peningkatan kualitas SDM dengan memprakarsai pengiriman mahasiswa Papua ke 32 PTN seluruh Indoensia. Tahun ini ditingkatkan ke 39 PTN di seluruh Indonesia. banyak juga hasil kerja dan koordinasi UP4B yang sudah dilakukan semuanya dapat dilihat pada Buku Laporan Setahun UP4B yang akan kami serahkan kepada Dubes,” Wakil Kepala UP4B menambahkan.

“Kami punya beberapa program bantuan yaitu lewat PCDP (People Centred Development Program), kami mohon bantuan UP4B untuk menilai juga apakah PCDP telah dilaksanakan dan berhasil baik. Kami minta juga bantuan UP4B untuk berkoordinasi dengan LSM/ NGOs yang sedang bekerja di Papua Selain itu, kami juga akan melaksanakan program bantuan berupa Community Policing (Polisi Masyarakat) yang lebih kepada  komunikasi masyarakat dengan polisi secara baik. Bantuan ini juga akan berupa pendampingan langsung oleh polisi New Zealand dengan jumlah bantuan sekitar Rp 20 Miliar. Tujuannya adalah untuk mendekatkan polisi sebagai bagian dari masyarakat dan bukan sebagai penegak hukum yang harus ditakuti dan juga kadang bersifat arogan. Jadi bagaimana masyarakat dan polisi diberi kemampuan untuk berkomunikasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban secara bersama-sama,” kata H.E David Taylor.

“Kami mengapresiasi kinerja dan kerja UP4B.Kami harap banyak yang bisa kami laksanakan di Papua dengan bantuan UP4B. Kami punya beberapa pos bantuan yang dapat dimanfaatkan, bidang pengembangan SDM adalah dengan beasiswa ZNAID bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke S2 dan S3, terutama bagi pendidik dan dosen. Setiap tahun kami terima 50 kandidat dari seluruh Indonesia dan Papua adalah daerah prioritas. Ada juga program-program bantuan beserta dana pembangunan, yang walaupun dalam skala kecil namun bisa dimanfaatkan meningkatkan ekonomi kerakyatan masyarakat miskin di Papua, terutama dengan proposal project yang arahnya langsung turun ke masyarakat dan dapat dinikmati oleh masyarakat. kesulitan kami adalah biaya administrasi di Papua yang harus ditekan agar biaya belanja pembangunan yang harus lebih besar, terutama program-program bantuan dari donor asing seperti kami. Kami tunggu proposal Anda,” tandas David.

Akhir pertemuan Dubes memberikan beberapa dokumen dan profil singkat pemerintah New Zealand. Waka UP4B juga menyampaikan buku hasil kerja UP4B Tahun 2012. [Media Center UP4B]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s