Zona Berita

Polisi New Zealand Akan Latih Polisi Papua

Dubes New  Zealand H.E. David Taylor  tengah berbincang dengan Kapolda Papua Irjen (Pol) Drs. M. Tito  Karnavian, MA usai  audensi  di Mapolda Papua, Jayapura, Senin.Dubes New  Zealand H.E. David Taylor bertemua Kapolda Papua di Jayapura (15/4/2013)

JAYAPURAZona Damai: Polisi New Zealand akan melatih Polisi khususnya di Polda Papua dan jajaran. Hal ini untuk  mendekatkan hubungan antara masyarakat dan Polisi atau Polisi Masyarakat (Community Police).

“Jadi kita  akan melakukan Training of Trainer  (TOT) bagaimana cara   mendekatkan Polisi dengan masyarakat dan juga  untuk memperbaiki tingkat  pelaporan  yang baik,” tegas Dubes New  Zealand H.E. David Taylor didampingi Sekretaris III Dubes New  Zealand David Treacher ketika beraudensi dengan Kapolda Papua Irjen (Pol) Drs. M. Tito  Karnavian, MA di Mapolda Papua, Jayapura, Senin (15/4/2013) pagi.

Turut hadir dalam audiensi  tersebut Wakapolda Papua Brigjen (Pol) Drs. Paulus  Waterpauw, Kabid Humas Polda Papua Kombes (Pol) I Gede Sumerta Jaya, SIK, Wakil Direktur  Binmas Polda Papua AKBP I Nyoman Suastra.

Dubes menjelaskan, pihaknya melakukan audiensi dengan Kapolda Papua untuk menindaklanjuti  kerjasama antara Indonesia dan New  Zealand,  terutama program pelatihan Polisi Masyarakat  yang dilakukan sejak tahun   2009-2010. Dimana  program pelatihan Polisi Masyarakat   di Polda Papua direncanakan  berlangsung  selama  tiga tahun  dan mulai dilaksanakan pada paruh kedua  tahun ini, dengan biaya  Rp 20 Miliar lebih bantuan pemerintah New Zealand.

Berapa banyak Polisi  New  Zealand  yang akan melatih Polisi di Polda Papua, kata dia, pihaknya  akan menempatkan dua Polisi New  Zealand  di Papua dibantu instruktur-instruktur yang  datang bergantian ke Papua.
“Kami yakin program pelatihan Polisi Masyarakat akan sukses di Papua, apalagi Pak Tito Karnavian  alumnus program ini di New Zealand,  sehingga beliau  akan mempunyai  prestasi  yang sangat baik di Papua,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolda Papua  Irjen (Pol) Drs.M. Tito Karnavian, MA bahwa  program pelatihan Polisi Masyarakat  di Polda Papua disepakati mulai  didiskusikan pada  Juli. Tapi actionnya  September—Oktober  selama 3 tahun dengan jumlah anggaran Rp 20 Miliar lebih.

Kata dia, program pelatihan Polisi Masyarakat ini  yang ditawarkan pemerintah New  Zealand ini. Apalagi  New  Zealand   adalah salah-satu negara   yang sangat  berhasil melakukan Polisi Masyarakat dan salah-satu  negara   yang sangat  berhasil melakukan asimilasi antar masyarakat  pendatang dari Inggeris dan masyarakat  lokal  dari Suku Mauri.    Pertama,   program pelatihan Polisi Masyarakat  sangat  mendukung penegakan hukum  yang dilakukan Polda Papua untuk menghadapi masalah-masalah  yang ada di Papua sekaligus  mengimbangi pendekatan kesejahteraan  yang sudah dilakukan baik  pemerintah  pusat maupun pemerintah  daerah.

“Jadi semua upaya-upaya termasuk upaya paksa menghadapi kekerasan disamping  dengan cara-cara   yang soft. Kalau cara-cara   yang keras dan tegas itu dilakukan dengan  cara penegakan hukum,”  tukasnya.

Karenanya,  untuk Polda Papua  dan Jajaran pihaknya telah menyampaikan kebijakan tetap mengedapakan fungsi Binmas dan fungsi Polisi Masyarakat. Dan  penegakan hukum dengan cara-cara hard  adalah  upaya  penegakan  hukum  terakhir.
“Polisi Masyarakat  akan dilakukan dengan cara latihan yang diikuti seluruh dari Polres dan Polresta  diseluruh  Papua  dan Papua Barat,” ucapnya.

Kedua, apabila  program pelatihan  Polisi  Masyarakat  di Papua  ini  berhasil  maka  Polda Papua  direkomendasi  sebagai  Pilot Project (Proyek Percontohan)  tentang  Polisi Masyarakat.  Apalagi, pihaknya  sungguh memahami  program Polisi Masyarakat di New Zealand.  “Saya  tawarkan  kepada Pak Dubes  lokasi  pelatihan Polisi  Masyarakat  dilakukan di daerah perkotaan di Jayapura dan  di  daerah  pegunungan seperti Tolikara, Lanny Jaya dan lain-lain. Selanjutnya  dilakukan evaluasi, program ini mau dilanjutkan atau diperluas  di tempat-tempat lain,” ujar dia.

Berapa  Polisi  Papua ditargetkan  ikut  program pelatihan Polisi Masyarakat,  kata dia, pihaknya segera  menghitungnya. Yang jelas  harus  ada perwakilan dari Polres dan Polresta  di seluruh  Papua dan Papua Barat. [Bintang Papua]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s