Zona Berita

New Zealand Dukung Integritas Teritorial Indonesia di Papua

Dubes New Zealand H.E. David TaylorDubes  New  Zealand H.E. David Taylor

JAYAPURA-Zona Damai: Pemerintah New  Zealand mendukung  sepenuh-penuhnya  integritas teritorial Indonesia di  Papua, serta sangat setuju dengan  pendekatan  pemerintah  pusat dan pemerintah daerah   yang mengedepankan  aspek ekonomi untuk memperbaiki masalah-masalah  yang ada di Papua.

Demikian diutarakan  Dubes  New  Zealand H.E. David Taylor didampingi Sekretaris III Dubes New  Zealand  David Treacher ketiga ditanya  status  politik Papua dalam panangan pemerintan New Zealand  usai  beraudensi dengan Kapolda Papua Irjen (Pol) Drs. M. Tito  Karnavian, MA di Mapolda Papua, Jayapura, Senin (15/4/2013) pagi.

Sedangkan, terkait  aksi kelompok sipil  bersenjata yang sering mengganggu keamanan di Papua, dikatakannya, pihaknya secara  tegas  menolak segala  bentuk  kekerasan dan kejahatan, karena  tak akan menyelesaikan masalah. Tapi  seharusnya semua  pihak duduk bersama berunding mencari solusi  untuk masalah-masalah dan tantangan-tantangan  yang ada di Papua. “Itu adalah pendekatan yang kami ambil,” imbuhnya.

Tentang  adanya  claim sejumlah pihak  bahwa pergerakan disintegrasi Papua  atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) mendapat sokongan dana  dari pihak  luar negeri, lanjut dia,  itu adalah  hal  yang lumrah. Pergerakan kemerdekaan  dimanapun pasti ada dukungannya dari luar negeri. Demikianpun pergerakan Papua merdeka. Namun dirinya mengaskan bahwa tidak ada kebijakan resmi Pemerintah New Zeland mendukung gerakan itu.

“Saya  yakin ada  satu  atau dua orang di New  Zealand  yang mendukung pergerakan kemerdekaan di Papua. Tapi kebijakan resmi pemerintah New Zealand adalah mendukung  integritas teritorial Indonesia di Papua,”  tuturnya.

Ditanya soal Isu-isu  apa  saja di Papua yang menjadi perhatian pemerintah New  Zealand, menurut H.E. David Taylor, pihaknya  sangat memperhatikan  pembangunan   yang ada di Papua. Karenanya, pemerintah  New  Zealand  bekerjasama dengan  pemerintah pusat di Jakarta dan juga pemerintah daerah  untuk memperbaiki kwalitas pembangunan  yang ada melalui program-program bantuan dari pemerintah New  Zealand. [Bintang Papua]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s