Zona Tokoh

Leo Pengusaha Asli Papua dengan Mini Market Beromset Rp 85 Juta/Bulan

Leo sedang melayani pembeli di sebuah Mini Market yang dimilikinya. Ini adalah contoh pengusaha asli Papua yang merangkak dari bawah. Dia berhasil karena kegigihan dan tak pernah putus asa untuk ikut mengembangkan perokonomian di Yahukimo.

Leo Giban atau akrab dipanggil Leo, adalah seorang pengusaha asli Papua asal Distrik Amuma Kabupaten Yahukimo yang berbisnis di bidang Mini Market. Ia adalah pemilik dari usaha ‘’Kios Nadila Mandiri” yang menjual sembako dan perlengkapan rumah tangga lain. Selain itu, usahanya juga sebagai penjual pulsa, pakaian dan sepatu. Leo lahir dari sebuah keluarga yang sederhana. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Lapo Giban (Ayah) dan Alm. Maria Heluka (Ibu).

Karena keterbatasan ekonomi keluarga Ia tidak dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Hal ini tidak membuat Leo putus asa. Dengan semangat yang tinggi serta keuletan dan kesabaran, Leo berusaha merintis usaha dengan modal seadanya. Dengan modal tersebut ia mencoba berjualan kecil-kecilan, ternyata semakin hari pelanggannya semakin bertambah. Usaha ini sangat didukung oleh keluargannya, selain itu faktor pendukung lain adalah tempat yang sangat strategis, mudah dijangkau.

Tahun demi tahun Leo berusaha untuk mengembangkan usaha itu. Laba yang diperoleh dari tahun pertama digunakan untuk memperbesar dagangan dan membangun sebuah Kios yang cukup besar dan sampai sekarang usaha itu sudah mampu meraup omset maksimal sebesar Rp. 3.500.000 per hari dan dalam sebulan bisa mencapai 85 juta. Mini Market ini terletak di pinggir jalan utama Dekai – Sumo. Usaha yang dibuka dari pukul 06.00 WIT sampai jam 17.00 WIT. Sedikit demi sedikit untung yang dikumpulkan ditabungkan. Akhirnya bisa membuka Kios yang ukurannya 8X10 meter.

Terdorong oleh niat untuk menumbuhkan dan meningkatkan mental bisnis di kalangan orang asli Papua di pedalaman dan untuk menjembatani kesenjangan ekonomi. Maka dibukalah  usaha mini market. Hasilnya, cukup fantastis yang membuktikan semangat dan kemauan berusaha bagi anak-anak asli Yahukimo. Salah satu buktinya, Kios Nadila Mandiri yang dikelola anak-anak asli Papua dibawa binaan Elay Giban, SE dan pedagang grosir di Yahukimo (Ongko Thomas).

Keberhasilan seorang pengusaha lokal sangat ditentukan oleh sikap, strategi,  promosi dan pola penerapan disiplin serta kemauan berusaha. Hal ini menjadi indikator yang cukup penting sebagai penentu keberhasilan usaha. Kios Nadila Mandiri mendatangkan barang jualannya dari Pedagang Grosir Yahukimo, salah satunya UD Sejahtera.

Keberhasilan Leo dalam mengelola usahanya hingga sebesar ini, tidak terlepas dari kiat-kiat sukses yang dilakukan seperti teliti, rajin, disiplin, kejujuran dan tetap taat beribadah. Menurutnya, kunci utama dari keberhasilan yaitu harus menjaga kepuasan pelanggan, perlu trik-trik khusus untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satunya dengan menjaga kualitas dan variasi produk jualan, “Pelanggan yang puas akan kembali membeli barang di kios saya”, ujarnya.

Untuk mencapai keberhasilan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, ada banyak hambatan dan rintangan yang mesti di lalui. Tetapi Ia juga tidak pernah putus asa. Adapun saran-saran buat pengusaha pemula yaitu harus menjaga kualitas jualan, menjaga kepuasan pelanggan dan menjaga hubungan dengan pelanggan serta disiplin. TETAP BERDOA, TUHAN MEMBERKATI. (Thobi/ Dad, Media Center UP4B)

Categories: Zona Tokoh

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s