Zona Berita

Ratusan Siswa Asli Papua Sekolah di Bawah Kementerian

Jayapura – Zona Damai : Memasuki tahun ajaran 2013-2014, ada peningkatan quota menjadi 800 calon mahasiswa untuk kuliah di beberapa sekolah kedinasan yang di bawah Kementerian. Misalnya, Kementerian Perhubungan, yakni PPLP Curug atau Sekolah Pilot sebanyak 40 orang dan sekolah di bawah Kementerian lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Perwakilan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) Koordinator Puncak Jaya, Harris Karubaba bersama Erwin, saat tatap muka dengan Sekda Puncak Jaya, Yuni Wonda, di Puncak Jaya, minggu pekan kemarin.

“Dimana atas prakarsa UP4B bekerja sama dengan Majelis Rektor Universitas se–Indonesia dan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian mengalokasikan sekitar 747 orang siswa putra-putri asli Papua untuk melanjutkan studi perkuliahan di 32 perguruan tinggi negeri se-Indonesia,” ucap Erwin.

Menurut Erwin, untuk tahun ajaran 2013-2014 ini ada peningkatan quota menjadi 800 calon mahasiswa, dan juga untuk beberapa sekolah kedinasan yang dibawah Kementerian seperti Kementerian Perhubungan yakni sekolah Pilot sebanyak 40 orang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 500 Siswa/i untuk SMA/SMK Unggulan di Pulau Jawa, Kementerian Keuangan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) sebanyak 203 orang.

“Kementerian Dalam Negeri STPDN 60 Taruna, TNI (Akmil) 100 Orang, POLRI (Akpol) 100 Orang, Kementerian Perindustrian di Sekolah Tinggi Teknologi Textil 45 Orang, Badan Pertanahan Nasional, STPN Yogyakarta 100 Orang dan Badan Pusat Statistik STIS Yogyakarta 30 Orang,” terangnya.

Dikatakannya, lagi khusus menyangkut pembiayaan peserta selama mengikuti pendidikan dibiayai oleh Beasiswa dari masing – masing penyelenggara pendidikan tersebut. “Untuk biaya peserta Kabupaten/Kota ke Provinsi dibiayai oleh Pemda Kabupaten/Kota dan untuk pembiayaan dari Provinsi ke Kota Studi oleh Pemda Provinsi,” katanya.

Selain itu Erwin menjelaskan, untuk sekolah – sekolah tersebut perlu ada MOU (Memorandum Of Understanding) dengan Para Bupati/Walikota masing – masing daerah pengutus agar juga turut serta membiayai melalui beasiswa tetapi juga pengawasan selama mengukuti studi.

Diakhir dari penjelasan Erwin menyerahkan dokumen persyaratan test untuk program Afirmasi Pendidikan kepada Sekda Kabupaten Puncak Jaya Yuni Wonda menyampaikan terima kasih dan akan melanjutkan kepada dinas Pendidikan Kabupaten untuk seterusnya diproses. (Jubi/Eveerth)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s