Zona Berita

UP4B dan DPD RI akan Bersama Dorong Komnas HAM Sikapi Permasalahan HAM di Papua

Kepala UP4B Bambang Darmono dan sejumlah anggota DPD-RI usai menyampaikan paparan tentang berbagai permasalahan yang berkaitan dengan penyelesaian HAM di Papua dalam rapat kerja DPD-RI dengan UP4B. (Foto: Rina Ks, UP4B)

Jakarta-Zona Damai : Kepala Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) Bambang Darmono menyatakan, perlu secara bersama-sama mendorong Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bekerja konsisten melakukan penyelidikan untuk menyikapi berbagai opini yang berkembang tentang pelanggaran HAM di Papua. Hasil penyelidikan Komnas HAM agar ditindaklanjuti agar permasalahan HAM berhenti hanya sebagai opini.

Pernyataan Bambang Darmono itu disampaikan dalam rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD-RI) di Kompleks DPR/DPD-RI Senayan Jakarta 25 Maret 2013. Hadir anggota DPD dari Papua dan Papua Barat, yaitu Mama Ibo Yatifai, Paulus Sumino, Sofia Maypau, Herlina Murib dan sejumlah Pemuda Papua.

Dalam Rapat Kerja Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD-RI) dengan UP4B di Kompleks DPR/ DPD RI Senayan dengan agenda permasalahan HAM di Papua. Dalam Rapat Kerja itu, selain dihadiri anggota DPD juga terdapat utusan dari Kapolri diwakili oleh Kadivkum Polri, Irjen Pol. Drs. Anton Setiadi dan TNI diwakili  Kababinkum TNI Mayjen, S. Supriyana. Kedua lembaga sama-sama memperhatikan permasalahan HAM yang kerap diopinikan secara serius.

“UP4B ingin menegaskan bahwa dalam upaya menghormati HAM masyarakat Papua dan Papua Barat, UP4B selalu meletakkan permasalahan HAM dalam konteks UU Nomor 12 tahun 2005 tentang Konvenan Hak Hak Sipil dan Politik dan UU Nomor 11 tahun 2005 tentang Hak Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya,” kata Kepala UP4B. Persoalannya klarifikasi terhadap pelanggaran HAM di Papua secara formal sesuai dengan UU hanya ada pada pihak Komnas HAM, tambahnya.

Menurutnya UP4B sebagai institusi yang diberi tugas untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi, fasiltasi, pengendalian dan evaluasi P4B sebagaimana ditetapkan oleh Perpres Nomor 66 tahun 2011, hanya mendorong dan mengkomunikasikan kepada berbagai pihak yang terkait dengan penghormatan HAM untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM.

Terkait dengan Perpres Nomor 65 tahun 2011 tentang P4B khususnya pasal 6 ayat 2 a tentang pendekatan sosial poltik dan budaya, selalu dilakukan dengan pemetaan dan penanganan sumber masalah  bagi bidang politik, maupun dalam penegakan hukum dan HAM.

Untuk itu UP4B selalu mengedepankan komunikasi dengan semua pihak yang terkait. Pendekatan itu tidak saja pada elemen sosial politik, tetapi juga mengkomunikasikan dengan semua pihak yang memiliki kewenangan dan pemangku kepentingan, diantaranya dengan Menko Polhukam, Panglima TNI, Kapolri, Kabin, Mendagri, Menkumham, Komnas HAM, LSM pemerhati HAM di Papua serta Pejabat Daerah.

Sementara itu Ketua Komite I Alirman Sori dan Ketua PAP, DPD RI Prof. Farouk Muhammad sama-sama mengemukan, “Baru kali ini DPD mendapatkan masukan dan informasi lengkap tentang kebijakan pemerintah menangani permasalahan di Papua.”

Ketua PAP DPD, menyapaikan, “Penegakan hukum harus dilakukan secara konsisten di Papua, meski tantangannya berat. Secara geografis, sarana transportasi dan komunikasi terbatas dan adanya pelibatan massa jika penegakan hukum dilaksanakan,” katanya.

Dalam kesempatan rapat kerja itu, Kepala UP4B juga mengemukakan Program Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (P4B) yang saat ini sedang berjalan adalah untuk memenuhi HAM masyarakat Papua dalam bidang: Hak atas Pekerjaan; Hak atas Standar kehidupan yang memadai; Hak untuk Menikmati Standard Kesehatan, serta; Hak atas Pendidikan.

Ketua Komite I DPD, Alirman Sori menyambut penegasan Kepala UP4B mengenai pendekatan HAM dalam meningkatkan kesejahteraan di Papua. “Pendekatan kesejahteraan di Papua sudah tepat. Ke depan diperlukan komunikasi yang lebih intensif dalam menyikapi setiap perkembangan di Papua, khususnya hal yang menyangkut permasalahan HAM.”  [up4b.go.id]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s